Senin, 15 Agustus 2016

Korean Drama : Another Oh Hae Young (Another Miss Oh)

I know I was a bit late.. around 1 month? Or more?
But this drama it's realllyyyyyy addicting and I can't move on. At all.


Premiere: May 2nd, 2016
End: June 28th, 2016
Broadcast Time: Monday and Tuesday at 11PM (KST)
Number of episodes: 16 (or TBD)
Network: tvN
Genre: Mystery romance/comedy
Script writer: Park Hye Young
Directed by: Song Hyun Wook
Production company: Green Snake (Chorokbaem) Media

Cast and Character Description:


PENDAHULUAN

Banyak temanku yang bilang drama ini layak tonton. Hampir semua dari mereka bilang bagus en minta aku untuk cepet-cepet nonton. Tapi karena kemarin-kemarin aku masih sibuk dengan drama Entertainer, Beautiful Gong Shim dan Lucky Romance, akhirnya masih belum sempet nonton. Belum lagi ditambah munculnya drama-drama baru seperti Doctors dan Uncontrollably Fond, semakin sedikit kesempatan untuk nonton Another Oh Hae Young

Akhirnya akhir bulan Juli kemaren aku sengaja meluangkan waktu dan nonton drama ini. Well bisa dibilang ini drama terbaik setelah Reply 1988 kemarin. Butuh waktu lama untuk aku bisa move on dari Reply 1988, dan Another Oh Hae Young memberikan efek yang sama persis dengan Reply 1988 di hatiku. Bahkan DOTS yang ke populerannya selangit itu ga bisa membuatku segininya. Gak juga Lucky Romance yang selalu bikin aku nangis bombay setelah nonton episode 12 ke atas. 

Awalnya aku malah sangat meragukan drama ini. Pemerannya, jelas bukan aktor dan aktris favoritku. Poster dramanya juga ga menarik sama sekali. Aku nonton hanya karena temanku banyak yang bilang bagus. Nyatanya, sekarang Another OH Hae Young merajai semua drama-drama lain. Termasuk W yang lagi on going sekarang. Bukannya aku ga suka W, aku malah suka banget, tapi kesan yang aku dapat dari Another Oh Hae Young melebihi W.


SINOPSIS

Drama ini bercerita tentang dua wanita yang bernama sama yaitu, Oh Hae Young. Satunya punya julukan "Just Oh Hae Young" sedangkan satunya punya julukan "Pretty Oh Hae Young". Keduanya sekolah di sekolah yang sama. Seumuran. Bahkan berada dalam kelas yang sama. Karena nama yang sama tapi beda penampilan, mereka selalu dibanding-bandingkan. Seperti julukannya, keduanya memiliki kondisi fisik yang berbeda. Satunya cantik jelita —juga sangat populer. Satunya biasa saja. Dan karena takdir yang ironis, mereka akhirnya bertemu lagi bertahun-tahun kemudian —karena mereka mencintai pria yang sama.

Park Do Kyung

Pria yang mereka cintai —yang bernama Park Do Kyung, ternyata merupakan mantan dari Pretty Oh Hae Young (PHY). Sebelum bertemu dengan Just Oh Hae Young (OHY), Park Do Kyung bertunangan dengan PHY dan mereka sudah hampir menikah. Namun sayangnya di hari H pernikahan mereka, PHY tidak hadir dan malah pergi ke luar negri. Do Kyung melihat update SNS milik PHY yang sedang berada di Paris bersama pria lain di hari pernikahan mereka. Foto itu menjelaskan segalanya bagi Do Kyung kenapa PHY tidak hadir di hari pernikahan mereka. Malu dan patah hati, Do Kyung akhirnya melanjutkan hidup dengan penuh kebencian pada PHY —dan penuh dendam dengan pria yang ada dalam foto di SNS PHY. 


Setahun kemudian, Do Kyung —yang bekerja sebagai Sound Director di dunia perfilman, bertemu dengan Kim Hee Ran. Kim Hee Ran adalah seorang sutradara film yang cukup terkenal di Korea —sekaligus sahabat OHY. Karena urusan pekerjaan, mereka menjadi teman dan cukup sering bertemu untuk membahas film. Adik Do Kyung sendiri —Park Hoon, sering mengajukan naskah pada Hee Ran untuk di filmkan. Sayangnya Hee Ran tidak pernah menyukai naskah yang dibuat adik Do Kyung.

Park Hoon and Park Do Kyung

Hari itu Hee Ran sedang menceritakan mengenai kabar bahagia sahabat nya—yaitu OHY, yang akan segera menikah dengan seorang business man muda, Han Tae Jin. Park Do Kyung yang masih belum move on langsung mengira yang dimaksud Hee Ran adalah mantan tunangannya. Untuk memastikan, Do Kyung menanyakan dimana OHY bersekolah. Mengetahui bahwa nama sekolah yang disebutkan Hee Ran sama dengan sekolah mantan tunangannya, Do Kyung yang masih belum move on dari PHY menjadi salah paham dan marah. Ia kira yang akan menikah adalah PHY —mantan tunangannya. Padahal ada dua Oh Hae Young di sekolah yang sama, dan kali ini yang dimaksud Hee Ran adalah OHY bukan PHY. 

Park Do Kyung dan Lee Jin Sang

Bagaikan takdir, Do Kyung yang salah paham merencanakan untuk merusak pernikahan OHY. Bekerja sama dengan sahabatnya sejak kecil —Lee Jin Sang; yang juga seorang pengacara, ia mencari tahu mengenai Han Tae Jin. Tidak disangka Han Tae Jin sedang mengadakan kerjasama dengan seorang pengusaha yang sangat berpengaruh di Korea, Chef Jang. Chef Jang sendiri sedang menjalin hubungan dengan ibu Do Kyung. Melihat kesempatan emas —juga akibat dukungan dari Jin Sang, Do Kyung maju ke Chef Jang dan mengisikinya untuk tidak bekerjasama dengan Han Tae Jin. 

Han Tae Jin

Usahanya berbuah manis. Chef Jang menuruti nasehatnya dan menarik investasi-nya dari perusahaan Han Tae Jin. Para investor lain yang melihat Chef Jang menarik investasinya menjadi takut dan ikut menarik investasi mereka dari perusahaan Han Tae Jin. Akibatnya perusahaan Han Tae Jin bangkrut dan ia sendiri dituduh sebagai penipu. Tidak hanya bangkrut, sekarang ia resmi menjadi calon narapidana. Semua itu terjadi sehari sebelum hari pernikahannya dengan OHY. Untuk menghindari kekacauan di hari pernikahannya —juga demi harga dirinya, Han Tae Jin menemui OHY sebelum hari pernikahan mereka dan memutuskan hubungan.


OHY yang berbunga-bunga karena akan segera menikah dengan Han Tae Jin, mendadak hancur berkeping-keping setelah Han Tae Jin memutuskan hubungan dengan alasan tidak menyukai cara OHY makan. Dengan harga diri yang tersisa setelah dicampakkan, OHY meminta Han Tae Jin untuk menyembunyikan alasan mereka batal menikah. Ia tidak mau orang lain tahu kalau dia dicampakkan. Ia ingin mengakui ke semua orang bahwa ia lah yang mencampakkan Tae Jin. Demi menutupi kenyataan bahwa ia akan segera dipenjara, Tae Jin setuju dengan permintaan OHY. 


Puas dengan balas dendamnya, mendadak Do Kyung mendapat penglihatan. Ia sudah mendengar bahwa pernikahan Han Tae Jin dengan OHY batal karena Tae Jin akan masuk penjara tapi yang dia tidak tahu adalah sasaran balas dendamnya salah kaprah. Do Kyung lalu mendapat penglihatan terus menerus tentang satu wanita. Tanpa mengerti apa maksud penglihatannya —dan siapa wanita yang ia lihat dalam penglihatannya, ia terus menerus melihat wanita itu dalam kepalanya.  Karena urusan pekerjaan dengan Hee Ran akhirnya mereka bertemu lagi. Saat itu Hee Ran yang simpati dengan keadan OHY ingin mengenalkan OHY dengan Do Kyung. Saat Hee Ran bercerita mengenai OHY sahabatnya yang gagal menikah barulah Do Kyung dasar bahwa ia salah orang. Selama ini ia salah paham mengira OHY adalah PHY. Shock dengan kenyataan ini ia lalu mencari tau ke sekolah mereka berdua dan mengetahui kenyataan pahit ini.

Karena Hee Ran, Do Kyung merusak pernikahan OHY. Karena Hee Ran pula Do Kyung akhirnya bertemu dengan OHY. Do Kyung bukan main kagetnya saat melihat OHY pertama kali. Ia adalah wanita yang terus ada di dalam penglihatannya selama ini! Pertemuan mereka yang pertama bahkan sudah Do Kyung lihat dalam kepalanya —dimana OHY menabrak pundak Do Kyung sampai mimisan. Bahkan setelah mereka saling kenal, berteman, bertengkar, melakukan hal-hal bodoh dan gila bersama, ia terus mendapat penglihatan tentang OHY. Seperti tidak ada hal lain dalam kepalanya selain OHY. Anehnya penglihatan Do Kyung mengenai OHY malah menuntun penglihatan Do Kyung akan hari kematiannya sendiri. Dan yang membuat Do Kyung luar biasa bingung, bahkan di hari kematiannya Do Kyung bisa merasakan bahwa yang ia pikirkan sampai nafas terakhirnya adalah OHY.

First Met

Sebenarnya siapa OHY ini? Kenapa bagi Do Kyung ia seperti takdir yang tidak bisa ia hindari? Lalu apa maksud penglihatan-penglihatannya selama ini? Kenapa mendadak dia bisa melihat hal-hal yang akan terjadi di depan bahkan sampai hari kematiannya?

KESAN

This drama absolutely goooodddd! Ceritanya....... —intinya itu ada di ceritanya, ceritanya itu super duper kena di hatiku! LOL. Bagaimana Do Kyung ditinggal PHY pas di hari pernikahannya lalu ga bisa move on setahun penuh setelah kejadian itu —maupun pengalaman OHY yang diputuskan tunangannya sehari sebelum hari pernikahannya. Berangkat dari pengalaman menyakitkan yang sama, akhirnya mereka dipertemukan dengan cara yang sangat rumit dan menyedihkan.  Tapi apakah mereka berakhir menyedihkan? Enggak! Mereka justru berakhir bahagia. Meskipun untuk mewujudkan kebahagiaan itu mereka berdua harus berjuang habis-habisan. Bahkan harus melewati pengalaman yang luar biasa mengerikan —seperti kematian.


Park Do Kyung harus menjadi orang yang menghancurkan kebahagian OHY. Akibat luka hati nya yang ga kunjung sembuh, ia melempar batu ke orang yang tidak bersalah. Luka yang ia dapat karena ditinggal oleh PHY memang sangat menyakitkan. Bahkan ia terus menderita selama setahun penuh. Ia mengubur hati nya dalam-dalam hingga berubah menjadi orang yang sangat dingin dan tertutup. Ia memilih sengsara dan tidak pernah lagi tertawa. Seperti yang pernah dibilang OHY, seluruh tubuhnya —bahkan barang yang ia kenakan, meneriakkan penderitaan. Park Do Kyung, pria yang hancur lebur akibat patah hati. Namun apakah pengalaman patah hati-nya itu membunuhnya? Nope. Justru pengalaman itu mengajarkan ia arti mencintai sepenuhnya. Ia menghancurkan kehidupan OHY. Salah —maksudku ia menghancurkan pernikahan OHY dengan Han Tae Jin. Namun setelah ia menghancurkan pernikahan OHY, ia malah harus terlibat dalam kehidupan OHY. Belum ditambah kenyataan ia terus melihat OHY dalam penglihatannya. Apa yang akan dilakukan OHY kepadanya, semua sudah ia lihat dalam kepalanya bahkan sebelum hal itu terjadi. Awalnya ia menolak keberadaan OHY. Ia takut ulahnya ketahuan OHY. Ia takut keberadaan OHY dalam hidupnya akan memperkeruh suasana.

"... that woman is running toward me. She embraces me after running toward me. But what if I don't hold on to her at this moment? Would I be able to cut her out of my life? But even if I avoid her as best as I could, it feels like I won't ultimately be able to cut her off. It's like she's telling me, "Stop being miserable, and let's be happy together."

Setengah mati ia menghindari OHY —tapi bagaimanapun ia berusaha, OHY bukan sosok yang sanggup ia tolak. Awalnya yang ia miliki untuk OHY hanya rasa bersalah. Karena itu ia membiarkan dirinya terlibat dalam kehidupan OHY, semua hanya untuk membayar perbuatannya. Namun saat OHY jatuh cinta kepadanya dengan sungguh-sungguh, dengan cara yang selama ini tidak pernah dialami oleh Do Kyung, mau tidak mau hati Do Kyung tergerak. Keberadaan OHY —juga cintanya, menyembuhkan luka hati Do Kyung. Perlahan-lahan OHY membuka ikatan hatinya yang sudah tertutup. Pelan tapi pasti, Do Kyung sendiri jatuh cinta setengah mati pada OHY. Sampai pada satu titik dia rela melakukan apa saja untuk bisa bersama OHY. Termasuk mengubah takdirnya sendiri.


Just Oh Hae Young, dia adalah wanita yang paling menderita di awal drama. Pernikahannya dibatalkan sehari sebelum hari H. Bahkan ia dicampakkan dengan alasan yang sangat murahan. Dunianya runtuh, setiap hari ia berharap untuk mati saja. Belum ditambah kenyataan bahwa saingan beratnya sejak SMA kembali dalam kehidupannya —Pretty Oh Hae Young. Tidak hanya kembali sebagai atasan di tempatnya bekerja, PHY juga menjadi saingannya untuk mendapatkan hati Do Kyung. Luka hatinya semasa remaja kembali terkuak akibat munculnya PHY. Dulu dia selalu tahan bila dibanding-bandingkan dengan PHY. Ia bahkan kadang sengaja mengalah demi PHY. Padahal ia mengalami banyak masalah karena beberapa orang yang mengira ia sebagai PHY. Ia pernah dipukuli, ia pernah tertimpa bola basket, juga mengalami banyak penghinaan dan menanggung rasa malu akibat dibandingkan dengan PHY.



"The fish living in different waters won't get to meet. The pretty Oh Hae Young from the first-tier group met guys from the same group. I, who belong to the third-tier group, met guys from the same group..."

Di saat ia mengira hidupnya membaik setelah mengenal Do Kyung, —karena Do Kyung lah yang OHY bisa mengatasi rasa patah hatinya dengan Han Tae Jin, ia kembali harus merasa hancur karena ternyata Do Kyung adalah mantan tunangan PHY. Ia kembali minder dan merasa orang seperti dia tidak bisa mendapatkan orang-orang seperti seperti Do Kyung dan mantan tunangannya yang kelasnya jauh di atas kelasnya.

"When I think about it, I've never really given myself to love 100%. I was always cautious and nervous. I worried if I liked the person more.
Let's not do that any more. If I meet someone I like, I will love the man all the way until I get dumped. I'll never turn around crying because I was yelled at to get lost. I will hold onto the man and not let go... I will give it everything. Shouldn't you fall in such love once in your lifetime?"

Tapi untuk Do Kyung, OHY tidak bisa menyerah begitu saja. Demi Do Kyung, OHY menguatkan hatinya untuk bersaing dengan PHY. Ia mengatasi rasa patah hatinya sendiri dan berjanji untuk jatuh cinta gila-gilaan di kesempatan berikutnya. Sebelum mati dia ingin mengalami perasaan jatuh cinta yang lepas dan sungguh-sungguh. Do Kyung lah orang yang mampu membuatnya seperti itu. 


Walaupun pada akhirnya dia kembali harus mengalami patah hati yang luar biasa setelah mengetahui bahwa rencana pernikahannya hancur karena Do Kyung. Dan itu karena Do Kyung ingin balas dendam karena ditinggal PHY. Kembali hantu masa lalu OHY menyerangnya. Bukan karena Do Kyung merusak pernikahannya, tapi terlebih pada alasan Do Kyung merusak pernikahannya. Selalu PHY —hidup OHY selalu sial saat berada dekat dengan PHY. Rahasia itu bahkan terkuak di saat yang tidak tepat —ketika Do Kyung sendiri sudah jatuh cinta sungguhan ke OHY dan memulai hubungan yang serius dengan OHY. Mengetahui bahwa Do Kyung lah yang merusak pernikahannya, rasa cinta OHY pada Do Kyung tidak berubah. Itulah yang mebuatku akhirnya menyukai karakter OHY. Keberaniannya untuk jatuh cinta sedalam itu pada seseorang benar-benar out of the box. Untuk seorang wanita, menjadi sangat clingy pada seorang pria itu seperti sebuah aib. Sesuatu yang ga pantas dan menjatuhkan harga diri. Karena wanita itu kodratnya dikejar, bukan sebaliknya. Awalnya aku agak yang... risih liat OHY. Apaan sih cewek ini, gampangan banget?! Tapi semua usahanya itu membuahkan hasil yang manis. Do Kyung balas mencintainya, sama besarnya dengan rasa cintanya untuk Do Kyung. En justru keberanian OHY yang sangat besar untuk jatuh cinta seperti itu pada Do Kyung lah yang mengubah hati Do Kyung. Seperti sebuah kutipan dalam film Moulin Rouge 

"Hal terbesar yang anda pelajari adalah untuk mencintai. Dan dicintai adalah imbalannya"

At last, love wins. It doesn't matter how it started, how it's end, it's always matter.


Si cantik Oh Hae Young —atau Pretty Oh Hae Young. Bisa dibilang dia tipikal perempuan idaman untuk semua pria. Dia cantik. Smart. Mandiri. Fashionable. Have perfect body. Aku sejak awal ga membenci dia. Walaupun aku sangaattt penasaran kenapa dia ninggalin Do Kyung di hari pernikahannya, aku ga pernah sepenuhnya ga suka atau benci dengan karakternya. Sebenernya dia itu ga buruk. Bahkan bisa dibilang untuk ukuran wanita cantik, dia punya hati yang sama cantiknya. Tapi satu hal yang membuatku sedikit terganggu lihat dia adalah usahanya untuk selalu tampil sempurna —ga bercacat dan cantik. Seperti pemikiran orang-orang akan dirinya. Buatku, ada yang salah dengan itu. Dia sangat bertolak belakang dengan OHY yang sangat apa adanya. Aku merasa usahanya untuk keliatan sempurna itu palsu dan annoying. Dan saat semuanya terbongkar, aku justru sangat kasihan sama dia. Dia adalah tipikal perempuan cantik yang termakan pujian yang dikatakan orang untuk dirinya sendiri. Dia sebenarnya memiliki kekurangan yang sangat ia sesali sepanjang hidupnya —keluarga yang berantakan. Jauh dalam hatinya dia iri pada OHY. Karena OHY memiliki keluarga yang harmonis, satu-satunya yang tidak pernah bisa ia miliki. Karena satu perbedaan itu, ia selalu merasa kurang dan tidak sempurna. 


Baginya, cinta dari keluarga yang dimiliki OHY membuatnya kalah telak dari OHY. Padahal ia jauh lebih baik dalam hal lainnya dibanding OHY. Untuk menutupi lubang hitamnya itu ia selalu tersenyum, ia selalu menutupi perasaanya, bersikap seakan baik-baik saja, akhirnya itu memupuk harga diri yang terlalu tinggi dalam dirinya. Bahkan saat menjadi tunangan Do Kyung pun, ia menutupi semuanya. Maka saat ia mendengar Do Kyung kasihan padanya, ia marah. Ia merasa harga dirinya terluka dan diinjak-injak. Dia meninggalkan Do Kyung begitu saja. Sangat berbeda dengan OHY —yang walaupun tahu Do Kyung hanya kasihan padanya di awal hubungan mereka, dia tetap menerima itu sebagai bentuk perhatian Do Kyung untuknya. PHY tidak mampu menerima dirinya apa adanya. Maka saat orang lain tidak menerimanya seperti yang ia mau, ia terluka dan memutuskan pergi. Keegoisan-nya, membuatnya mengambil keputusan itu. Itulah yang sangat melukai hati Do Kyung. 

"The feeling that my greatest weakness was revealed to the last person I wanted to know... pretending that I grew up loved; pretending that I grew up strong, without flaws; pretending that my parents were simply carefree, and not disgraceful; pretending that I had no scars... I had lived trying so desperately to put on a happy face. But to realize that you had already seen through it all..."

Aku rasa itu perbedaan utama yang membuat Do Kyung pada akhirnya memilih bersama OHY. Namun pada akhirnya semua pengalaman ini mengajari PHY akan rasa cukup dan menerima diri sendiri. Ia belajar menerima kesalahannya dan merelakan Do Kyung bahagia. Aku suka karena pada akhirnya happy ending untuk PHY bukanlah menemukan pria pengganti Do Kyung tapi sebuah telepon dari ibunya. Aku rasa itu jauh lebih bermakna untuknya dibanding cinta seorang pria. Ia harus membereskan dirinya dengan keluarganya baru bisa belajar mencintai sepenuhnya seperti OHY.


Bisa dibilang Han Tae Jin ini adalah korban. Karakternya super menyedihkan dalam drama. Aku sejak awal selalu ikut sakit melihat wajahnya. Dia meninggalkan tunangannya agar tunangannya tidak malu saat di hari pernikahan ia ketahuan bangkrut dan dituduh penipu —lalu masuk penjara. Ia sebenarnya ingin yang terbaik untuk OHY. Maka saat ia bebas dari penjara, ia segera mencari OHY kembali. Saat masalahnya selesai, orang pertama yang ingin ia temui adalah OHY. Tapi, apakah kebohongan yang ia lakukan —dengan tujuan baik, mampu membuatnya mendapatkan kembali hati OHY? Ada seseorang yang pernah bilang 

"You don't deserve someone who comes back, you deserve someone who never leaves". 

Aku rasa kutipan itu berlaku untuk kasus kali ini. Kenapa —di atas segalanya, Han Tae Jin tidak terbuka dan mengatakan semua permasalahannya kepada calon istrinya? Kenapa ia menyimpan semua masalahnya sendiri? Kenapa dia lebih memilih meninggalkan OHY dengan kata-kata super menyakitkan daripada jujur dan meminta waktu pada OHY? Setidaknya mencoba meminta waktu pada OHY? Mengapa ia lebih memilih melukai hati orang yang dicintainya dibanding jujur terhadap masalahnya? Wanita lebih suka disuruh menunggu dibanding harus dihancurkan hatinya. It's so true! I really know how it feels! Dan yang lebih membuat semuanya runyam adalah keinginannya balas dendam pada Do Kyung. Menurutnya, Do Kyung lah penyebab semua kemalangan dan rasa sakit yang ia alami setelah masuk penjara. Kemarahannya membuatnya gelap mata. Aku super ketakutan waktu Do Kyung melihat dalam penglihatannya bahwa yang menabraknya sampai mati adalah Han Tae Jin. Ia kehilangan kekasihnya, pernikahannya hancur, bahkan wanita yang ia cintai malah sekarang jatuh cinta pada Do Kyung —si trouble maker

Terkadang manusia memang lebih mudah menyalahkan orang lain dibanding duduk dan mengintropeksi diri sendiri sambil berpikir masak-masak. Seandainya Tae Jin ga buru-buru mengambil keputusan dan mencoba mengutarakan permasalahannya, tentunya ia akan menyadari —dibantu OHY sebagai pasangannya, bahwa yang membuatnya masuk penjara adalah sahabatnya sendiri yang berbuat curang. Bukannya kisikan Do Kyung yang meminta Chef Jang menarik investasinya. Sebab bukankah secara logika sangat konyol kalau seorang pengusaha luar biasa seperti Chef Jang langsung menarik investasi dari sebuah perusahaan hanya karena kisikan dari seorang direktur film —bukan pembisnis?

"I think I was meant to say that mean thing to you, so you could meet someone better for you"

Tapi pada akhirnya Han Tae Jin menyadari kesalahannya. Pernyataan PHY saat bertemu dengannya terakhir kalinya dan perkataan OHY mengenai hubungan mereka sepertinya menyadarkan Han Tae Jin akan semua kesalahannya. Walaupun aku sangat sedih untuk Han Tae Jin dan kemalangannya, aku rasa semua kembali pada keputusan masing-masing. Keputusan Tae Jin sendiri yang menuntunnya pada kemalangan-kemalangan dalam hidupnya. Tapi tanpa membuat kesalahan kita gak bisa belajar. All things work together for good!


Sebenernya pemeran lain juga sangat berpengaruh untuk membuat drama ini semakin bagus. Yang aku suka dari drama ini adalah pemeran pembantu yang ga hanya lalu lalang di layar tapi mereka juga memberikan kontribusi penting dalam ceritanya. Contohnya Lee Ji Sang dan Park Soo Kyung. Tanpa Ji Sang yang selalu memanas-manasi Do Kyung untuk melakukan ini dan itu —juga sekaligus bikin Do Kyung sempet ragu-ragu sama perasaannya sendiri, tidak akan terjadi scene-scene yang epic dan penuh tawa. Kisah cinta Ji Sang dengan Soo Kyung —yang juga kakak Do Kyung, punya greget tersendiri. Awalnya aku bete banget liat Soo Kyung. Dia itu kakak yang aneh untuk Do Kyung juga boss yang nyebelin untuk OHY. Belum lagi kebiasaannya untuk mabuk setiap malam plus rambutnya yang dibiarkan awut-awutan di depan wajahnya. Gerah banget gitu liat gayanya. Tapi meskipun begitu mereka ini punya masa lalu kelam masing-masing yang membuat mereka jadi sosok mereka yang sekarang. Walaupun cukup absurd dan super geje, tapi pasangan ini juga happy end pada akhirnya.

FAVORIT SCENE

Ada begitu baaaannnnyyyaaakkkkk scene yang aku suka di drama ini. Bisa panjang banget kalau aku masukin semua. Jadi aku akan taruh best scene versiku sendiri. Cekidot!

1. Park Do Kyung's Entrance

Park Do Kyung itu bukan tipikal orang yang suka cari muka atau berlagak keren di depan cewek. Dia itu cenderung pendiam dan apa adanya. Apalagi setelah dia patah hati. Apa yang dia lakukan itu tulus dan bener-bener dari hati. Bukan untuk show off supaya keliatan cool (atau gentleman). Mungkin justru disitu letak menariknya dia. Tsundere abis. Dari luar keliatan dingin tapi sebetulnya hatinya lembut banget.


Maka saat dia tiba-tiba masuk ke ruangan OHY untuk melindungi OHY dari tukang delivery yang pervert, aku langsung tersentuh. Kayanya OHY sendiri juga tersentuh dan jadi meleleh karena tindakannya ini hahahaha

Hae Yong: "Why does he impress me without my permission? How will he handle the aftermath?"
Duhhh siapa yang ga shock sekaligus seneng —juga terharu, dapet perlakuan kaya gini??

2. Flying Hug

Adegan ini yang bikin aku jadi tergila-gila dengan Another Oh Hae Young!!


"She got her wings broken by the rock I threw at her. But without knowing the truth, she flew into my arms like a bird. I wish that she would heal quickly and fly away, but I’m afraid I would fall in love with her while doing that"

Adegan ini unforgettable abiss!! Meskipun awalnya super sweet —karena diiringi dengan narasi suara hati Do Kyung tentang OHY, adegan ini ditutup dengan adegan yang super lucu dan ga terduga.

Wuakakakakakaka

Aku langsung ngakak habis-habisan liat adegan ini! Aku cukup shock dengan lanjutan dari adegan flying hug tadi. Kok ending-nya malah kaya gini? LOL. Awalnya aku pikir bakalan berakir dengan manis, eh ternyata..!! Beneran bikin ngakak! :))

Super LOL!! :))

Aku langsung sukak setengah mati dengan jalan cerita Another Oh Hae Young sejak scene ini. Kayanya ini scene awal yang buat Do Kyung dan OHY menyadari kalau mereka punya perasaan akan satu sama lain untuk pertama kalinya. Di adegan ini pula perubahan kehidupan Do Kyung dimulai. Dia seperti benar-benar "welcome" dengan kehadiran OHY dalam hidupnya. Sama seperti caranya menangkap OHY dalam pelukannya ^^

3. First Dinner With Parents


Sebenernya ini episode yang menyedihkan. Di episode ini OHY menyatakan perasaannya secara blak-blak'an ke Do Kyung. Sebenernya Do Kyung juga ada rasa sama OHY. Tapi karena perkataan Ji Sang yang marah-marah karena Do Kyung dekat dengan OHY setelah putus dari PHY, membuat Do Kyung kembali ragu-ragu. Ji Sang ini takut kalau sampai Han Tae Jin keluar dari penjara dan tahu kalau Do Kyung, yang uda masukin dia ke penjara gara-gara salah orang, juga ikutan ngambil mantan kekasihnya. Bisa-bisa Tae Jin murka dan marah-marah ke Do Kyung. JI Sang bener sih. Akhirnya memang begitu. Bahkan Tae Jin sampe mau bunuh Do Kyung segala.


Anyway, akirnya Do Kyung nolak OHY dan marah-marah karena bisa-bisa nya OHY suka sama dia en minta jadian. Do Kyung bahkan menyakiti OHY dengan bilang kalau dia cuma kasihan sama OHY dan ga punya perasaan lebih. Tapi walau sudah menolak pernyataan suka OHY sampai sebegitunya, Do Kyung masih belum bisa mengusir penglihatannya akan OHY. Pikirannya terus berisi tentang OHY. Itu buat Do Kyung super frustasi.

Setelah ditolak Do Kyung, tanpa disangka orang tua OHY datang ke rumah OHY —yang tetanggan dengan kamar Do Kyung. Niat ortu OHY sih emang buat ketemu Do Kyung. Niatnya emang kesampean.. tapi dengan cara yang super lucu!!


Karena masih super bete dan sebel sama OHY yang selalu muncul di penglihatannya saat dia pengen ngejauh, Do Kyung langsung murka begitu denger suara berisik di kamar OHY. Niatnya mau ngelabrak OHY eh.. malah ketemu camer and jadi awkward LOL


4. OHY's Parent

Bisa dibilang mereka merupakan orangtua favorit dalam drama setelah para orang tua mengagumkan di Reply 1988. Aku sangat suka dengan keluarga OHY. Terutama orangtuanya. Aku suka hubungan OHY dengan ibu-nya. Ibu nya sangat keras dan suka memukul OHY, tapi dibalik semua itu ia sangat menyayangi OHY. Ayahnya juga sama. Walaupun terlihat pendiam dan pasif, tapi ayahnya sangat pengertian dan selalu bisa menjadi penengah antara ibu dan OHY.


Aku selalu suka adegan mereka bersama. Aku suka semua adegan orangtua OHY dalam drama ini. Mereka ini keluarga yang lucu dan unik. Aku juga selalu suka saat OHY menggoda ibu-nya. Tapi di balik semua adegan, yang paling aku suka adalah adegan dimana kedua orang tua OHY beserta OHY karaoke bersama untuk meredakan kesedihan setelah mereka mengetahui bahwa Han Tae Jin memutuskan OHY karena dia dipenjara. Beneran relationship's goal antara orang tua dan anak deh mereka ini! :))


Sebenernya alasan lain yang membuatku suka dengan keluarga OHY adalah kedua orangtuanya sangat mirip dengan papi mamiku di rumah. Mami itu mirip banget sama mama nya OHY. Keras banget sama anak perempuannya, mudah marah, mudah ngomel, kalau anaknya salah ga segan untuk ngomong kata-kata super pedes, tapi dibalik itu mami selalu jadi orang pertama yang membela kalau aku disakiti. Mami juga super ketat dengan calon pasangan. Ga mudah merestui begitu saja. Pokok-nya mirip banget lah sama mama nya OHY. Sama juga dengan papa nya OHY. Papi juga yang paling pengertian, paling sabar, dan selalu jadi penengah. Papi juga selalu bisa sabar dan menerima pasangan anak-nya dengan penuh pengertian.


Makanya aku sering banget dibuat nangis dan ketawa ngakak dengan adegan mereka. Somehow, it's really remind me about myself. My family. My Life. And my own relationship...

5. Do Kyung's Gaze

Now, it's time for kiss scene!

Kalau memang kiss scene, kok judulnya tatapan Do Kyung? Well, dari semua kiss scene yang ada dalam drama ini aku punya satu favorite yang mengalahkan kiss scene yang lain. Walaupun Wall's Kiss adalah salah satu adegan yang sangat terkenal dalam drama ini tapi aku memilih Clam's Kiss sebagai adegan favorite!


Yang buat aku suka adegan ini bukan karena hot-nya mereka ciuman, tapi sebelum Do Kyung mencium OHY, Do Kyung ngeliatin OHY dengan tatapan yang... penuh cinta. Oke, it's sounds really cheesy but what should I say? It's really like that! You can see yourself.


Tatapannya itu bikin leleh. Beneran. Aku yang liat aja ikutan leleh en terenyuh. Beda dengan Wall's Kiss yang penuh gairah dan ehem —nafsu, Clam's Kiss jauh lebih sweet dan smooth. Karena adegan ini terjadi sesudah Do Kyung jadian dengan OHY. Lebih terasa tulus dan nyata. Real Kiss. Bisa dibilang setelah Do Kyung akirnya memutuskan untuk jujur dengan perasaannya, dia ga lagi menahan dirinya. Jadi semua perasaannya dia tunjukkan. Jadilah dia ngeliat OHY dengan tatapan "mematikan" itu <3

6. Friendship Goals

Salah satu adegan yang ga terlupakan dari drama ini adalah saat Do Kyung habis dipukuli oleh Han Tae Jin. Sebenernya ini bukan pertama kalinya sih buat Do Kyung dipukuli sama Tae Jin, tapi kali ini terasa lebih menyakitkan karena Tae Jin melakukannya di depan OHY. Dan OHY yang masih shock dengan kebenaran bahwa Do Kyung merusak pernikahannya dengan Tae Jin —lagi-lagi, karena PHY, membiarkan Tae Jin memukuli Do Kyung.



Bukan pukulan Tae Jin yang membuat Do Kyung kesakitan, tapi fakta bahwa OHY mengetahui kebenaran ini bukan dari mulutnya, tapi malah dari mulut Tae Jin-lah yang membuat Do Kyung sangat sedih dan menyesal. Orang yang bisa ia curhati hanya Jin Sang. Dan walaupun Jin Sang tidak bisa membantu banyak, tapi keberadaan Jin Sang yang setia menemani Do Kyung dalam keadaan apapun sungguh menyentuh.


Tidak hanya Jin Sang, tapi Park Hoon —adik tiri Do Kyung, juga anak buah nya di studio ikut setia menemani Do Kyung dalam masa-masa beratnya. Padahal Do Kyung ini juga bukan boss yang ramah maupun baik hati, dia malah terkenal galak, perfeksionis dan suka marah-marah. Tapi mereka semua ada untuk Do Kyung. Mereka ga bilang apa-apa —karena sebagian besar ga tau masalahnya LOL, tapi mereka menemani dan gak meninggalkan Do Kyung sendiri.


Karena capek, akirnya mereka semua ngikutin Do Kyung jalan naik mobil, LOL!

Kesetiaan mereka inilah —juga kekonyolan mereka-lah, yang menyelamatkan aku bertahan melihat episode ini. Sungguh suasananya bener-bener sedih dan tegang waktu Do Kyung dipukuli dan OHY marah, tapi berkat kehadiran mereka aku jadi ketawa-ketawa dan merasa rileks lagi. Mereka-mereka ini pula yang bantuin Do Kyung menculik OHY dari tempat kerjanya untuk kencan bareng saat mereka sudah balikan lagi nantinya LOL. Bener-bener friendship goal deh hubungan mereka ini ^^

7. How Park Do Kyung Change His Future

Oke, ini adalah adegan yang PALING aku suka dari semua scene lainnya. Sengaja aku taruh di nomer 7 karena angka 7 adalah angka favorite ku hehehehe. Aku langsung nangis bombai di depan TV waktu liat adegan ini. Adegan ini beneran daebak! That's why I'm so in love with Park Do Kyung!


    

Jadiiii.... setelah Park Do Kyung putus ama OHY —karena OHY tahu kalau Do Kyung lah yang merusak pernikahannya karena PHY, Do Kyung merasa jalan terbaik agar OHY ga sedih akan kematiannya —yang akan terjadi SEGERA, Do Kyung pergi merekam suara sendirian di padang rumput. Disana dia mendapat penglihatan lengkap, —dan terperinci, akan apa yang terjadi setelah dia putus dengan OHY. Bahkan saat dia hampir menghembuskan nafas terakhirnya. Di detik-detik terakhir sebelum kematiannya yang ia ingat dan yang ia rindukan, juga yang sangat ia sesali adalah kenapa dia ga pernah bilang perasaannya ke OHY. Maka saat dia sadar dari penglihatannya, yang ia lakukan pertama kali adalah berusaha kembali pada OHY. Sayangnya, OHY sudah lelah dengan Do Kyung yang selalu ragu-ragu dan mencampakkannya.


Tapi kali ini Do Kyung bertekad untuk tidak mati dengan rasa menyesal. Dia akan berjuang untuk mendapatkan OHY kembali. Walaupun dalam penglihatannya dia melihat dirinya sendiri mengatakan hal-hal yang kejam agar OHY meninggalkannya tapi pada kenyataanya dia mengubah semua kata-kata itu sesuai kata hatinya. Dan takdir pun berubah.

Source: Here

Penglihatan yang ia lihat sebelumnya berubah 180 derajat. Mungkin ini adalah puncak dimana drama ini membuatku jatuh cinta luar biasa. And I think, that's love. Apa yang Do Kyung lakukan untuk mendapatkan OHY kembali —walaupun dia harus merendahkan harga dirinya serendah-rendahnya, itulah cinta. Padahal Do Kyung ini orang yang paling ga suka dipermalukan atau kelihatan memalukan. Gengsi-nya selangit. Tapi demi OHY, dia membuang semua harga dirinya. Finally, Do Kyung belajar apa itu cinta. Meskipun caranya harus dengan melihat kematiannya sendiri terlebih dahulu.

If we could turn back time, I would ruin your wedding the same way. I would make you move next door and meet you that way again. I’m sorry, I’m very sorry, but I’m not sorry I ruined your wedding, damn it! .. I got sick because I couldn’t hug you

Kata-kata ini lah yang bikin OHY akhirnya luluh —sekali lagi, dan kembali ke Park Do Kyung. Awwwww... so sweet... <3

8. Happy Ending

Last but not least, this story end happily!


Setelah perjuangan yang ga ada habisnya, naik dan turun, mau dan gak mau sampai mau lagi, trus putus nyambung, dan bahkan samapi menghadapi maut di depan mata, akhirnya mereka menikah! Super Yeay!!


They deserve it!

Akir kata, aku sangat menikmati drama ini dari awal sampai akhir. Ga perlu dibilang kalo aku cukup merasa familiar dengan penderitaan yang dialami beberapa tokohnya hahaha. Sedikit banyak itu mengingatkan aku dengan kehidupanku sendiri. Korea emang jago bikin drama yang mengobrak-abrik perasaan para penontonnya. Tapi drama ini sukses menghantarkan penonton pada kepuasan sampai akhir. Biasanya meskipun awal nya bagus, ending nya ga terlalu bagus. Tapi ending dari Another Oh Hae Young benar-benar sesuai harapanku ^^


Pria seperti park Do Kyung mungkin hanya akan ditemukan dalam drama Another Oh Hae Young, lol. Bukan di dunia nyata hahaha. Para pemerannya sendiri mengakui bahwa pria seperti Park Do Kyung ini hampir punah. Atau ga pernah ada ya? hahahaha. But at least, pelajaran yang bisa diambil dari drama ini adalah; mencintai-lah seperti kamu tidak pernah disakiti. Love like you never hurt. Sometimes kita menggunakan luka masa lalu kita untuk mengendalikan tindakan kita saat ini. Kita masih dibayang-bayangi masa lalu kita. Semua orang pernah disakiti atau menyakiti. Pernah terluka dalam hubungan dengan sesama. Tapi itu bukan harga mati bahwa kita ga bisa mencoba lagi. Orang berikutnya yang hadir dalam hidup kita bisa jadi adalah takdir kita. Apa layak mereka mendapat sisa-sisa dari kita? So, apapun luka dan masa lalu kita, let's make peace with them. Them means our past.

Forgive and move on. And start again. Let's falling in love again. And when you do.. do it wholeheartedly..

Note:

Oh ya satu lagi, kenapa sih Do Kyung bisa lihat masa depannya sendiri secara tiba-tiba? Padahal sebelum-sebelumnya dia ga bisa lihat, tapi kenapa tiba-tiba hal ini terjadi? Ini jawabannya menurut psikolog yang jadi tempat curhat Park Do Kyung:

Albert Einstein once said this, "It's only in our illusion that we differentiate past, present, and future. Whether it's in the DNA or a soul, he was saying that the record of our lives is already written. It means that the vivid memory could come out not in a timely fashion.

Intinya sih, pikiran manusia itu ga bisa dikendalikan oleh waktu. Yang bisa dikendalikan oleh waktu itu cuma tubuh manusia. Sejak awal pikiran manusia itu utuh. Jadi sudah jadi bahkan sebelum manusia itu mengalaminya. Ga ada yang namanya masa kini, masa depan atau masa lalu dalam pikiran manusia. Tapi banyak manusia yang ga bisa menyadarinya. Hanya orang-orang yang tingkat spiritual-nya tinggi atau yang sensitive aja yang bisa. Entah Park Do Kyung ini termasuk yang mana, tapi dia merupakan salah satu dari orang-orang yang punya kelebihan ini. Menurut si psikolog, itu dikarenakan perasaan Park Do Kyung yang kelewat menyesal sebelum meninggal. Ia terlalu mencintai OHY maka di saat kematiannya, ketika dia sedih tak terperi dan menyesal karena ga pernah mengikuti kata hati, pikiran Park Do Kyung memberi sinyal pada Park Do Kyung masa kini —yang belum meninggal, untuk mengubah takdirnya.

Well, ini menurut apa yang dijelaskan dalam drama. Bukan pendapatku pribadi hahahaha.

So this is my review about Another Oh Hae Young. I hope you enjoy this article, and if this article spoiled you with so much information, I'm really sorry about that. Please enjoy the drama and have a great time while watching it, like me :)

See ya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...