Jumat, 15 November 2013

Bite my Lower Lips by Esna (The Heirs OST part 4)


Meskipun aku masih belum terlalu tertarik mengomentari drama The Heirs tapi kali ini aku harus menyerah dan mau tidak mau nge post mengenai drama The Heirs. Mungkin aku sedang mellow karena musim hujan yang mulai datang di Surabaya, akir-akir ini hanya lagu Ballad yang aku putar di player-ku. Dan karena tongkronganku setiap hari adalah blog-blog drama Korea, aku tentu update ama soundtrack-soundtrack drama Korea terbaru. Oke, yang ini bukan update-an terbaru memang, tapi aku baru suka dengan lagu ini beberapa hari terakhir hahaha. Lagipula ending The Heirs episode 12 kemaren, sumpah epic banget!!

The Heirs. Yang buat aku bener-bener merasa harus nonton drama ini adalah Lee Min Ho dan Kim Woo Bin. Aku bukan fans Lee Min Ho. Tapi aku ga bisa mengelak kalau dia luar biasa ganteng! Aku lumayan nge fans sama Kim Woo Bin tapi memutuskan berhenti nge fans karena dia sudah punya pacar (broken heart) hiks.



Aku sangat ga suka sama Park Shin Hye. Aku jarang nonton dramanya. Entah kenapa aku ga terlalu suka liat ekspresinya dia saat main drama. Nyebelin banget gitu rasanya (maap ya fans nya Shin Hye). Lagipula aku juga ga terlalu suka gaya rambutnya dia di beberapa drama sebelumnya. Aku cukup galau waktu tau pemeran utama cewek di The Heirs adalah Park Shin Hye. Nonton gak ya? Males liat Shin Hye-nya tapi demen en kangen banget liat Lee Min Ho sama Kim Woo Bin-nya.


Saking populernya drama ini, bahkan sebelum main aja, spoiler-nya uda ada dimana-mana. Aku yang awalnya penasaran abis berbalik jadi bosen banget liat cuplikan maupun trailer-nya The Heirs yang muncul di setiap blog yang aku baca. Bahkan di tumblr setiap hari selalu muncul cuplikan gif-nya The Heirs. Ini kok rasannya lebay banget sih? Empat klip trailer pula, setiap kali muncul langsung menuh-menuhin timeline tumblr ku. Haissshhh. Jadi ga bikin penasaran lagi deh. Meskipun aku sangat pengen liat Min Ho dan Woo Bin, kalau setiap hari harus liat iklannya yang lebay ini aku pun bisa muak. Akhirnya, ketika The Heirs bener-bener tayang aku malah ga terlalu tertarik untuk nonton. Aku ga nonton sama sekali waktu drama ini sudah tayang dua episode di Korea. Streaming-nya bisa ditemukan di berbagai blog. Sinopsis dramanya pun serentak muncul dimana-mana. Well, di soompi belum-belum sudah sampai 300 halaman (bahkan sebelum drama itu tayang!). Ini berlebihan sekali. Itulah yang membuatku lebih suka nonton Secret. Selain ceritanya lebih menarik dibandingkan spoiler The Heirs, pemainnya ternyata ga diduga berakting sangat briliant. Apakah The Heirs bisa menyaingi akting dari para seniornya di Secret?


The Heirs diisi begitu banyak pemain muda dan masih hijau. Emang ganteng en cute semua. Cewek cantik yang mengkilat dari ujung rambut sampai kaki seliweran dimana-mana. Gaya casual tapi elite khas remaja Korea keliatan banget di The Heirs. Ganteng nya Min Ho pun terpampang nyata, aku sampe bengong waktu liat betapa gantengnya dia saat jadi Kim Tan yang kesepian dan murung di The Heirs. Bahkan saat pasang wajah sedih pun dia keliatan ganteng. Saat ngomong Inggris dengan pengucapan yang kacau balau dan ga bagus sama sekali, dia teteplah ganteng. Bangets. Memang dialah alasan utama aku nonton The Heirs. Awalnya, jalan cerita nya lambat sekali. Aku sudah bosan dan pengen segera ketemu konflik waktu nonton episode 3. Kapan seru nya sih drama ini? Kok kesannya begini-begini aja? Lucunya juga belum terlalu kentara, padahal penulis script-nya sama kaya yang nulis Secret Garden maupun A Gentleman's Dignity. Kedua drama itu terkenal punya cerita yang super bagus juga lucu dari awal sampe akhir. Tapi saat itu The Heirs menurutku belum menyamai kualitas kedua drama itu.


Ternyata cerita baru seru dan sedikit menemplang waktu memasuki episode empat sampai sekarang (episode 12). Seru karena akhirnya Kim Tan dan Eun Sang sudah saling mencintai. Menemplang karena kehidupan di The Heirs jauh mendekati kenyataan dibandingkan kisahnya Gu Jun Pyo dan Jan Di. Denger-denger di Korea emang ada kehidupan yang seperti itu. Aku jadi tertarik untuk tau lebih dalam. Bahkan aku kasian sekali dengan para tokoh di drama ini. Kehidupan mereka ga karuan walaupun mereka kaya dan sangat berkecukupan. Gak satupun dari mereka yang bahagia meskipun mereka anak orang kaya dan terpandang. Aku melihat bahwa keluarga merupakan titik utama di drama ini. Buatku, keluarga itu kunci utama bagaimana seseorang tumbuh dewasa. Yang aku lihat di drama ini, semua anak orang kaya ini punya keluarga yang berantakan dan amburadul. Secara fisik mereka kaya, tapi orang tua mereka gagal dalam membimbing dan membesarkan mereka secara karakter dan mental. Orang tua mereka sendiri ga ada yang beres hidupnya. Sedih buanget liat mereka semua jadi korban atas keegoisan dan ambisi orang tua mereka sendiri.


Tidak disangka, aku malah merasa Park Shin Hye cocok memainkan Eun Sang. Aku suka gaya rambutnya di The Heirs. Aku suka Eun Sang yang apa adanya dan mudah menangis seperti yang digambarkan oleh Shin Hye. Menurutku sifat dan sikap Eun Sang sangat masuk akal dan bukan drama queen. Dia termasuk cewek yang realistis dan ga suka bergantung dengan orang lain. Di satu sisi dia tetep remaja perempuan biasa yang mendambakan hidup yang tenang dan punya kisah cinta yang normal, di sisi lain dia juga seorang pekerja keras yang berjuang keras untuk hidupnya. Dia ga mudah terbuai hanya karena ada anak orang kaya yang naksir dia. Dia sadar bahwa kenyataan ga seindah seperti kisah dongeng. Eun Sang is so natural and realistic. Shin Hye menerjemahkan karakter Eun Sang melalui aktingnya dengan baik. Sedang Kim Woo Bin memerankan perannya sebagai anak orang kaya yang biasa mengalami kekerasan dari ayahnya dengan briliant. Ekspresinya ketika dia marah, kecewa, menyeringai, maupun tertawa sangat kontras dengan karakter aslinya. Di The Heirs dia menjadi anak yang pemberontak dan cenderung kejam. Dalam setiap ekpresi dan kata-kata yang dia ucapkan, sarat dengan nada pahit dan getir. Sepertinya memang dalam hatinya penuh dengan banyak luka.


Yup, Kim Woo Bin sudah banyak berkembang sejak perannya di School 2013. Aku bisa sebel banget sama dia di suatu saat, tapi di saat yang lain aku sangat berharap ada orang yang mau memahami dan menyayangi dia dengan tulus. Poor Young Do :( Kalau Kim Tan alias Lee Min Ho, well awal-awal aku kurang merasa dia itu karakter utama. Modelannya nge flow. Kurang bertindak. Kalaupun sudah bertindak, dia ga menyelesaikan sampai akhir. Kesannya setengah-setengah. Ya ga tegas tapi juga ga lembek. Masi ngawang-ngawang gitu segala tindakannya dia. Ending-nya, ga bisa melindungi siapapun malah menyusahkan orang yang ingin ia lindungi. Tapi aku suka dengan akting Lee Min Ho, aku sangat merasakan bagaimana dia menjelaskan perasaan Kim Tan dengan caranya sendiri. Kim Tan yang ga suka menonjol. Kim Tan yang selalu ga niat ngapa-ngapain. Kim Tan yang kurang punya semangat untuk menjalani kehidupannya. Kim Tan yang masih ragu-ragu dalam banyak hal. Tapi setengahnya lagi, Kim Tan itu gentleman. Dia ga pernah dengan sengaja melukai perasaan orang lain, meskipun itu Young Do sekalipun. Di saat tertentu dia melindungi dan menjaga harga diri maupun perasaan Rachel. Dia sayang dan peduli sama kakaknya dengan tulus. Dia konsisten dengan ucapannya. Dia selalu memperhatikan dan mementingkan perasaan orang lain. Yah di mataku Kim Tan di episode awal memang seperti itu. Penuh keragu-raguan. Setengah baik. Setengah kurang teges. Mungkin karena dia masih merasa perlu menjaga nama baik ayahnya, jadi dia banyak menahan diri. Dia sadar dia masih membutuhkan ayahnya untuk menyokong status ibu nya. Dia juga masih belum bisa menyelesaikan permasalahannya sendiri, dengan apa dia mau melindungi Eun Sang? Lee Min Ho berhasil membuatku gemas sekaligus suka banget dengan kepribadian Kim Tan yang seperti itu.

Mereka bertiga ini memerankan karakter mereka dengan sangat baik. Padahal masih muda, jadi aku salut sama Shin Hye en Woo Bin (kalau Lee Min Ho ga usah diungkapkan juga sudah paham ya, dia berdiri diem aja uda bagus kok! wakakakaka...) ^^


Salah satu OST-nya yang menurutku paling bagus, paling bisa dinikmati, dan paling bisa didengarkan adalah yang dinyanyikan oleh Esna dengan judul "Bite My Lower Lip". Rasanya bisa langsung pas di telinga dibandingkan dengan soundtrack The Heirs yang lain. Park Shin Hye juga sempat menyumbangkan suaranya untuk drama ini dengan single nya yang berjudul "Story". Tapi ga bisa seenak lagu dari Esna ini hehehehe.


BITE MY LOWER LIP

Araet ibsul mollae mulgo nun jigeushi gamji
Nae momeul chaewo oneun seollemeul gamchwo

Waenji jakku ganjireowo neol saenggag hamyeon
Honja mareul geon nege dwae
Give me a perfect day Oh I’ll stay, by your side
Nan beolsseo nae mam baneul deulkin geol

Gidae haedo joheun nari olgeoya
Joheun ilman jantteug daga olgeoya
Himdeun nareul jikyeo bara bwa jul han saram,
Neoin geot gateun gibun deuneun geol
I wanna make you mine forever

Kkeunheo jil deut ieojineun haemalgeun useum,
Nun tteo bomyeon nae geoshin geol
Give me a perfect day Oh I’ll stay, by your side
Nan beolsseo nae mam baneul deulkin geol

Gidae haedo joheun nari olgeoya
Joheun ilman jantteug daga olgeoya
Himdeun nareul jikyeo bara bwa jul han saram,
Neoin geot gateun gibun deuneun geol
I wanna make you mine

Bunmyeong joheun saram mannan geolgeoya
Meotjin ilman jantteug chaenggyeo julgeoya
Sarang hanarodo chungbunhal geot gateun geol,
Nothing’s better, better than our love

Gidae haedo joheul sarang ilgeoya
Joheun ilman jantteug daga olgeoya
Himdeun nareul jikyeo bara bwa jul han saram,
Neoin geot gateun gibun deuneun geol
I wanna make you mine


TRANSLATION

I secretly bite my lower lip and softly close my eyes
I try to hide the fluttering feeling that fills my body

It tickles for some reason when I think of you,
I start to talk to myself
Give me a perfect day, oh I’ll stay, by your side
I already revealed half of my heart

A day where you can have high hopes
will come Only good things will come
The one person who will protect and watch over the struggling me
I feel like that person is you
I wanna make you mine forever

Your bright smile continues as if it will break
When I open my eyes, it’s mine
Give me a perfect day, of I’ll stay, by your side
I already revealed half of my heart

A day where you can have high hopes
will come Only good things will come
The one person who will protect and watch over the struggling me
I feel like that person is you
I wanna make you mine

I definitely met a good person, only great things will happen
I think just love alone is enough
Nothing’s better, better than our love

A day where you can have high hopes
will come Only good things will come
The one person who will protect
and watch over the struggling me
I feel like that person is you
I wanna make you mine


Episode 12 kemaren bagus sekali. Mungkin ini adalah episode dimana aku mengubah persepsiku tentang drama The Heirs. Aku senang karena lagi-lagi penulis drama ini menunjukkan kehebatan dan kelihaiannya membuat cerita. Dia memang lah orang yang sama yang membuat script Secret Garden dan A Gentleman's Dignity. Pas sekali waktunya, karena kemaren drama Secret tamat, akhirnya sekarang aku bisa menanti-nantikan The Heirs setiap minggunya. Aku akui, aku setiap minggu nonton The Heirs hanya karena menunggu lanjutan Secret. Karena mereka tayang di hari yang sama, jadilah setelah aku selesai nonton Secret barulah aku nonton The Heirs. Hanya untuk selingan, tapi sejak nonton episode 12 kemaren aku jadi bener-bener tertarik dan menantikan sepak terjang Kim Tan selanjutnya! Ciri dari penulis The Heirs ini adalah, pemeran utama cowok cepat sekali jatuh cinta dengan karakter utama ceweknya. Seperti Hyun Bin yang segera jatuh cinta dengan Ha Ji Won di episode pertama Secret Garden, juga seperti Jang Dong Gun yang jatuh cinta dengan Kim Ha Nul sejak pertemuan pertama di A Gentleman's Dignity demikian juga dengan Kim Tan dan Eun Sang di The Heirs. Menginjak episode belasan cerita akan semakin seru hingga mencapai puncaknya di episode 17-18. Kali ini The Heirs pun begitu. Ciri yang paling aku suka adalah cerita pasti berakhir happy ending. So, aku optimis akhir kisah The Heirs juga happy ending ^^


Akhirnya aku melihat Kim Tan bener-bener bertindak!! Sejujurnya kalau boleh berpendapat siapa yang paling kasian di drama ini, jelas Kim Tan lah orangnya. Buatku dia itu berada di posisi yang sangat rentan, dia tidak punya ambisi apapun untuk meraih kekuasaan tapi dia menyayangi keluarganya. Bahkan kenyataan bahwa ibunya adalah wanita simpanan, dapat dia terima dengan cukup baik. Dia menyayangi kakaknya dengan tulus walau kakaknya mengusir dia ke Amerika. Kemaren saat liat Kim Tan membela ibu kandungnya dan mengakuinya di depan Rachel dan ibunya, aku ikutan menangis. Ga mudah untuk bersikap seperti Kim Tan, akhirnya dia berani mengungkapkan kebenaran tanpa takut kehilangan. Dia mementingkan perasaan orang lain dibandingkan perasaannya sendiri. That's what I love about Kim Tan. Aku juga senang karena dia mulai ga mempedulikan dan menanggapi Young Do. Dia langsung bertindak ke akar permasalahan, ayahnya. Kim Tan ga peduli apa yang akan terjadi dengan dirinya karena dia sebetulnya ga terlalu berat sama harta bendanya. Buat Kim Tan keberadaan orang lain di hidupnya lah yang penting. Ibunya. Kakaknya. Eun Sang. Ayahnya. Dia mencintai orannya, bukan hartanya.


Jadi, meskipun aku bersimpatik dengan Young Do, banyak orang berpendapat lebih baik Eun Sang dengan Young Do daripada sama Kim Tan, aku tetep Eun Sang-Kim Tan shipper. Ga sembarangan seorang penulis menjodohkan dua karakter utamanya. Ada alasan kuat kenapa mereka harus bersama pada akhirnya. Buatku, Kim Tan jauh lebih baik untuk Eun Sang. Bukan karena dia lakon utamanya, tapi aku melihat sosok yang dibutuhkan Eun Sang ada pada Kim Tan. Eun Sang butuh seseorang yang mau melindunginya (seperti lagu Esna di atas, itu ungkapan isi hati Eun Sang untuk Kim Tan ataupun sebaliknya). Bukan bisa melindunginya. Yah mau melindungi dan kemampuan melindungi memang harus sepaket. Tapi kalau disuruh memilih, aku akan pilih orang yang mau melindungi bukan yang hanya bisa melindungi. Keinginan melindungi Kim Tan bukan berdasar karena dia suka Eun Sang aja, tapi karena dia juga ingin mengakhiri penderitaan orang-orang yang ada di sekitarnya. Termasuk Rachel. Dia tau seperti apa kehidupan yang akan berjalan tanpa cinta, karena itu dia ga ingin merusak masa depan Rachel dengan menikahinya. Kim Tan melindungi Eun Sang dan ibunya bukan hanya karena dia membutuhkan mereka, tapi karena Kim Tan bener-bener peduli dan ingin mereka bahagia. Dia ga mempedulikan dirinya sendiri, bahkan dia rela harus menggelandang ke jalanan asal ibu nya tetap menjadi tanggung jawab ayahnya. Kim Tan harus menerima tamparan keras dari ayahnya (bahkan hinaan) dua kali saat melakukan hal benar yang harus dia lakukan.


Young Do mungkin bisa melindungi Eun Sang dengan kekuatan yang dia punya. Young Do mungkin sesaat terlihat lebih baik, tapi Young Do sendiri belum pulih dari luka hatinya. Saat ini dia terlihat oke di permukaan, tapi Eun Sang ga tau apa-apa tentang Young Do. Apakah saat mereka jadian, ada jaminan Young Do akan pulih? Dia masih suka mem-bully orang lain. Kasar. Serampangan. Egois.  Kekanak-kanak'an. Sukanya memulai perkelahian dengan yang lain. Berteman aja ga bisa dia itu. Auranya menakutkan, bukannya menimbulkan rasa aman. Walau sesaat dia terlihat berbeda ketika bersama dengan Eun Sang tapi tidak ada jaminan Young Do akan selamanya seperti itu. Lagipula kalau Eun Sang harus bersama dengan Young Do hanya karena Young Do terlihat kesepian dan ga ada yang menyayangi, being together it's not a solution. Seseorang bisa dikatakan sepadan dengan pasangannya kalau mereka bisa saling menolong. Bukan salah satu akan lebih berperan dibandingkan yang lain. Aku kira kalau Young Do dengan Eun Sang, Eun Sang yang akan banyak memberi ke Young Do. Eun Sang akan mampu bersikap sebagai ibu, kakak, teman, saudara, sahabat dan pacar sekaligus untuk Young Do. Tapi Young Do belum siap untuk melakukan hal yang sama ke Eun Sang. Sementara Eun Sang butuh sosok seperti itu juga. Ia butuh sosok pelindung, ayah, kakak, teman dan sahabat. Apakah Young Do bisa seperti itu? Padahal Eun Sang selalu ketakutan dan menaruh curiga ke Young Do. Yang Eun Sang inginkan dan butuhkan adalah orang seperti Kim Tan.



Seperti Chan Young dan Bo Na, kenapa hubungan mereka bisa tetep berjalan dengan baik walaupun Bo Na sering jealous sama Eun Sang? Walaupun Bo Na kekanak-kanak'an dan mudah berubah mood, Chan Young cukup dewasa untuk menanganinya. Lalu apakah Bo Na selamanya childish? Bo Na pun sepadan utnuk Chan Young, karena Bo Na akhirnya bisa mengatasi masalah kecemburuannya dengan Eun Sang tanpa perlu bermusuhan dengan Eun Sang. Ia memilih menjadi sahabat Eun Sang. Daripada Chan Young yang selalu menjadi sahabat Eun Sang, lebih baik mulai saat ini ia yang perlahan-lahan menjadi sahabat Eun Sang. Ia melakukan apa yang kira-kira akan dilakukan Chan Young ke Eun Sang agar Chan Young tidak perlu melakukannya sendiri dan membuatnya cemburu. Itu baru pasangan yang sepadan. Mereka saling memahami dan mengisi kekurangan yang lain. Percakapan mereka di episode 12 membuktikan kalau mereka seharusnya bisa bersahabat dengan baik, Bo Na tidaklah se-ketus dan se-judes kelihatannya. Bo Na walaupun dari luar terlihat manja, annoying, lady like, dsb tapi ternyata punya hati yang baik dan lembut.


Buatku, Kim Tan yang sudah berubah dibanding dirinya saat SMP dulu dan sekarang jauh lebih baik untuk Eun Sang, karena Kim Tan tau bagaimana rasanya menghargai perasaan orang lain. Hal itu ia pelajari dari proses yang ia jalani dengan ibu dan kakaknya. Tapi Young Do belum belajar menghargai perasaan orang lain. Keliatan kan dari cara dia memberlakkan Joon Young dan Eun Sang pada awalnya. Aku juga cukup annoying ketika melihat dia menyentuh (memeluk, merangkul, mencengkram) Eun Sang hanya di depan Kim Tan. Kenapa gak dia melakukannya dengan perasaan? Dengan sepenuh hati? Seperti yang Kim tan lakukan ke Eun Sang? Ga perlu dipamerkan ke orang lain, lakukan itu dari hati. Kesannya kaya mempermainkan dan memanfaatkan kan itu? Kasian Eun Sang kalau dia harus bersama Young Do, karena dalam prosesnya Eun Sang harus menunggu Young Do berubah.



Kalau lihat akhir episode 12, bagaimana Eun Sang yang langsung ikut menangis saat melihat Kim Tan menangis, membuktikan kalau mereka sangat saling mencintai. Sehingga ketika yang satu terluka, tanpa kata, yang lain memahami dan ikut merasakan sakitnya. (Nah kalau Young Do yang belum biasa menghargai perasan orang lain, apakah dia bisa merasakan perasaan Eun Sang ketika Eun Sang sedih dan terluka? Yang ada malah diajak party tuh hahahaha. Young Do emang unik dan lucu untuk ukuran anak yang suka mem-bully). Sebelumnya Eun sang pun seperti ada feeling kalau akan terjadi sesuatu dengan Kim Tan. Karena Kim Tan melarangnya untuk pulang ke rumah. Sepanjang detik dia memikirkan kira-kira apa yang akan terjadi pada Kim Tan. Kepedulian seperti itu tidak mungkin dirasakan seseorang untuk orang lain kalau tidak ada perasaan yang mendalam secara pribadi. Jadi saat Eun Sang melihat mata Kim Tan dan melihatnya menangis, dia melihat kesedihan, sakit hati dan penderitaan di mata Kim Tan. Saat air mata Eun Sang ikut mengalir melihat air mata Kim Tan, itu adalah saat dimana Eun Sang memahami perasaan Kim Tan dan ikut merasakannya. Sehingga dia tidak dapat menahan air matanya merasakan kepedihan Kim Tan. Aku yang nonton pun ikutan nangis di depan komputer. Dear Eun Sang, please hug him tighly. He need you now...



Ini cuma pendapatku aja sih hehehehe. Aku memang belum tau bagaimana nanti perkembangan cerita dan karakter mereka. Jadi ga sabar untuk nonton lanjutan The Heirs minggu depan hohohoho...


Ini adalah silent conversation kedua yang membuatku ikutan nangis menontonnya. Yang pertama adalah silent conversation antara Kang Maru dan Seo Eun Gi di Nice Guy. Terkadang memang tidak dibutuhkan kata-kata untuk mengungkapkan isi hati. Ketika hatimu mengenal dengan baik orang yang kamu cintai, kata-kata hanyalah media semata. Hatimu, dengan sendirinya akan mengenali hatinya tanpa penjelasan. You. Just. Know. It. Because the important things in life is unseen.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...