Sabtu, 30 April 2016

Korean Drama: Descendants Of The Sun

Hello, I'm back with Korean Drama again!! :))


I know this is super late. Drama nya sudah tamat bahkan edisi spesial-nya juga sudah keluar, tapi aku baru nulis tentang drama ini sekarang? Bener-bener ga happening. Well, mengingat mood nulis yang datang dan pergi tanpa permisi jadilah aku baru niat untuk nulis tentang drama ini sekarang ^^ Mian

DESCENDANTS OF THE SUN


Sebenernya sudah lamaaaaa banget aku menunggu-nunggu drama ini tayang di Korea. Waktu denger kabar kalau pemeran utamanya adalah Song Joong Ki dan Song Hye Kyo, mata ini langsung melotot dan aku jadi super excited. Dua aktor veteran akan ada dalam satu scene! Ya ampun, ini hadiah terindah semenjak aku patah hati berat waktu Joong Ki berangkat wamil tahun 2012 yang lalu!! 

Drama ini memang project pertama Joong Ki selepas wamil. Ketenaran Joong Ki benar-benar luar biasa semenjak dia jadi pemeran utama dalam drama Nice Guy. Bayangkan aja, keluar wamil langsung dapet project sekeren ini. Lawan mainnya Song Hye Kyo pula. Gimana aku gak super excited coba?! Aku sudah penasaran banget sama drama ini sejak tahun lalu. Awalnya drama ini akan tayang di Korea tahun 2015 yang lalu. Sayangnya, proses syuting yang lama dan memakan waktu membuat drama ini harus mundur penayangannya dan barulah di tahun 2016 tayang di Korea. 

Drama Nice Guy yang diperankan Song Joong Ki
Jujur semenjak nonton Reply 1988 aku jadi terpesona sekali dengan aktor Park Bo Gum, pemeran Choi Taek. Selain mukanya yang ganteng, ternyata dalam kehidupan nyata dia terkenal sebagai aktor yang super baik hati dan religius. Dia juga bermain baik sekali dalam Reply 1988 —drama yang buat aku susah move on. Bahkan sampai sekarang aku masi nonton berulang-ulang >.< 

Ketika DOTS keluar aku hanya menjadikannya sebagai pelampiasan untuk menunggu drama baru Park Bo Gum yang akan tayang Agustus nanti —masih super lama hiks. Anddddd....... I really fall in love with this drama! Sebagian besar pasti karena Song Joong Ki! :)) Mana bisa dipungkiri ya kan? Aktor seganteng itu berperan jadi Captain Team Alpha yang manly dan super cool. Perempuan mana yang bisa tahan??!!

Park Bo Gum dalam Reply 1988
Untuk cerita DOTS sendiri, pasti semua perempuan di Asia tahu —mengingat ketenarannya yang sangat mencengangkan. Aku ga perlu memberikan ulasan ulang. It will be boring! I know. Tapi jelas aku perlu menuliskan tentang ketenaran drama ini. Drama ini nomor satu di Korea saat ini —ya, sampai saat ini. Bahkan setelah dramanya tamat, Joong Ki masih sangat berjaya dan makin terkenal di Asia. Tidak perlu bukti, ya kan? Ketika semua teman-temanku yang biasanya anti drama Korea mendadak jadi ikutan nonton DOTS —fyi, yang kumaksud disini teman laki-laki, itu sudah jadi bukti tersendiri ketenaran DOTS di Asia. Bahkan di Cina, pemerintahannya sendiri mengingatkan penduduknya untuk ga terlalu mendalami ketika nonton drama Korea. Tingkat perceraian dan pertengkaran rumah tangga meningkat akibat banyak wanita-nya terlalu sering nonton drama Korea. The Hell. Kalau ini parah banget sih efeknya :))

Yang ingin aku tulis mengenai DOTS disini adalah quote nya yang bagus-bagus dan mengena dalam beberapa episode nya. Penilaian ku pribadi, cerita DOTS belum bisa mengalahkan cerita Reply 1988. Mungkin akan banyaakkk orang tidak setuju dengan pendapatku ini —tapi aku tetap berpendapat begitu. Bukan berarti ceritanya jelek. Ceritanya DOTS bagus. Lucu. Fun. Menyenangkan. Menyentuh. Banyak nilai-nilai moral-nya. Aku juga suka sekali waktu mereka menggambarkan bahwa seorang tentara dan dokter —yang sama-sama punya sumpah sendiri saat dilantik pertama kali, merupakan orang-orang yang harus hidup untuk sumpah mereka. Integritas para tentara dan dokter disini merupakan teladan untuk semua dokter dan tentara lain

Tapi yang membuat drama ini sangat terkenal adalah para pemerannya yang super ganteng dan cantik. Juga dari property dan cinematography nya yang bagusssss banget. Tanpa dua faktor pendukung ini aku rasa DOTS ga mungkin akan se-terkenal sekarang. Ceritanya sendiri menurutku agak lemah dan terlalu berfantasi. Dalam dunia nyata kita ga akan bisa menemukan kapten seganteng Yoo Si Jin dan dokter secantik Kang Mo Yeon. It's just a drama. It's only happen on drama. Sayangnya, hal inilah yang membuatku tidak menyukai cerita DOTS sebesar aku menyukai cerita Reply 1988. 

Kim Eun Sook
Tapi kenyataan bahwa drama ini ditulis oleh Kim Eun Sook jelas menambah nilai plus DOTS di mataku. Sedari duluuuuu aku nge fans abis sama Kim Eun Sook. Dia adalah penulis naskah drama yang briliant. Aku selalu suka drama-drama yang lahir dari tulisan tangannya. Sebut aja Secret Garden, A Gentleman's Dignity dan juga The Heirs. Dia selalu punya ciri khas tersendiri dalam menulis naskah drama. Dalam setiap dramanya dia juga selalu konsisten, ciri itu ga pernah berubah. 

Secret Garden
A Gentleman's Dignity
The Heirs
Ciri pertama, selalu ada dua pasangan dalam cerita yang dia tulis. Entah itu cinta segi empat atau saling taksir yang mengakibatkan cinta bertepuk sebelah tangan dll, ending-nya selalu lahir dua pasangan. Setiap pasangan mempunyai kisah mereka sendiri yang ga kalah seru dan menarik dengan pasangan utama. Dalam DOTS kita tahu itu adalah pasangan Seo Dae Yong dan Yoon Myeng Ju



Ciri kedua adalah adegan yang lucu. Semua drama Kim Eun Sook selalu mengundang tawa. Selain cerita yang menarik dan unik, pasangan dalam drama Kim Eun Sook selalu punya scene lucu di antara mereka berdua. Itu sudah terbukti semenjak Secret Garden. Semua drama yang ditulis Kim Eun Sook selalu membuat penontonnya tertawa. Kalo ga percaya coba buktikan sendiri. 

LOL
LOL 2
Ciri ketiga adalah kata-kata cinta yang sedikit cheesy. Semua drama Kim Eun Sook selalu menggunakan cheesy lines. Entah itu memuji yang berlebihan, merayu yang berlebihan atau menyatakan perasaan secara berlebihan. But it's okay. Korean drama lovers love cheesy lines too! Right?
Contoh: "In the morning, you’re very pretty but in the afternoon, you’re awfully pretty” -Captain Yoo-
Contoh lainnya, yang menutuku paling cheesy dibanding lainnya: (LOL)


Captain Yoo: What’s your blood type?


Kang Mo Yeon: Your ideal type || A beauty? || A doll? || The type that would get me locked up in your heart? :D

So cheesy hahahahaha
Ciri kempat (dan terakhir) adalah pemeran dramanya selalu artis terkenal. Aku ga tau apa ini disengaja atau memang kebetulan waktu casting yang terpilih adalah aktor dan aktris terkenal, tapi tidak ada artis pendatang baru yang jadi pemeran utama dalam drama Kim Eun Sook —sejauh yang aku tonton. Kalau mau menapak tilas drama Kim Eun Sook yang lama-lama pertama kita akan ketemu pemeran utama dari Secret Garden. Sebut saja nama Ha Ji Won dan Hyun Bin. Mereka adalah artis senior dan jelas sangat terkenal di Korea. Lalu di A Gentleman's Dignity, ada pasangan Jang Dong Gun dan Kim Ha Neul! Jang Dong Gun saudara-saudara! Jang Dong Gun!! Lalu pasangan terakhir sebelum DOTS yaitu drama The Heirs. Siapa yang ga tau pasangan legendaris ini? Lee Min Ho —ya ampun Lee Min Ho loh! dan Park Shin Hye


Ga heran kalau sekarang yang didapuk adalah aktor semacam Song Joong Ki dan Song Hye Kyo. Drama Kim Eun Sook selalu dimainkan oleh aktor dan aktris yang menjanjikan. 


Berikut adalah beberapa quotes favorit dari DOTS yang berkesan buat aku. Saat kalimat-kalimat ini diucapkan dalam drama efeknya kuat sekali sampai kadang bikin aku nangis bombay di depan layar waktu nonton >.<

“I fight for life but your fight to protect others through death” -Kang Mo Yeon-

Kalimat ini adalah kalimat yang ga bisa kulupakan saat nonton DOTS. Kalimat pamungkas ini dikatakan dokter Kang Mo Yeon saat ia mencoba menyatukan perbedaan antara dirinya dan Yoo Si Jin. Kata-kata ini pula yang akhirnya mengantarkan perpisahan bagi mereka berdua. Buatku kata-kata ini mengena. Benar dan juga menyakitkan di saat yang sama. 

“I believe I fight for the peace & freedom for the land we live” -Captain Yoo-

Sebagai balasan untuk kata-kata Dr Kang, Kapten Yoo membalas dengan perkataan ini. Sebenarnya dua hal ini berhubungan. Tapi di saat yang sama juga membuat perbedaan besar di antara mereka. Yang pasti menurutku mereka adalah orang yang sama-sama memegang prinsip mereka masing-masing. Hal ini membuktikan mereka sebenarnya orang yang mirip, mereka hanya perlu saling memahami dan mengerti prinsip satu sama lain.

"The doctor will save her patient and I will protect what I have to (protect)” -Captain Yoo-

Yang akhirnya membawa pada pemahaman ini! Aku rasa inilah titik balik dari hubungan mereka. Akhirnya mereka mengerti kalau prinsip mereka ga bertentangan satu sama lain tapi justru mendukung satu sama lain. 

"Soldiers always live with a shroud on. When they die in a nameless land for the sake of their country, the place of their death become their grave and their uniform become their shroud. This should be every soldiers’ mindset every time they put down their uniform. Therefore, be honorable at every moment – there’s no reason to fall short” 

Another truth! But these principal makes our Doctor stuck in confusion! LOL

“About that kiss.. should I apologize or should I confess my love?” Captain Yoo-

Ini adalah pernyataan cinta yang supeerrrrr cooolllll. Duh, aku langsung kembang kempis di kursi saat nonton adegan ini. Belum lagi liat gaya cool-nya Joong Ki waktu mengucapkan kata-kata ini. Ya Tuhaaannnnn <3 Kalau aku yang jadi Dr. Kang, kayanya bakalan mati lemas saking terpesonanya LOL —maaf saya khilaf. Sayangnya kita semua tahu apa jawaban Dr. Kang untuk pernyataan cinta ini T.T

“If you are reading this letter that means we have parted once again and my father has ordered you to leave once again. I’m sorry I’m the kind of woman who stand in a man’s way. But I still sit here and ask how you are doing yet you cannot find an answer to my question. We’re probably far away from each other again. I’m sorry for running to you again knowing this will happen. I’m sorry for running into your arms with all my heart. I’m sorry I regret not holding your hands enough & not hugging you enough. I’m sorry that I still love you”  -Yoon Myeong Joo-

Selain kisah cinta Dr. Kang dan Captain Yoo, aku juga suka dengan kisah cinta Dae Yong dengan Myeong Joo. Walaupun mereka bukan pemeran utama tapi buatku mereka memberi warna sendiri dalam DOTS. Aku suka bagaimana Myeong Joo mempertahankan pilihannya dan aku suka bagaimana Dae Yong menghormati atasannya yang juga atasan Myeong Joo. Bahwa kenyataan dia menghindari Myeng Joo adalah karena itu perintah dari atasannya —yang juga ayahnya Myeng Joo, bukan karena dia menginginkannya. 

“I’ve been given the privilege to be a doctor, I faithfully pledge my life to serve humanity. The health and life of my patient will always be my priority. I will faithfully carry out my duties regardless of the patient’s race, religion or nationality. I will not use my knowledge inhumanely even when I’m under threat. I hereby take this oath on my account and on behalf of my honour” -Kang Mo Yeon-

My most favorite quote!! Aku baru benar-benar jatuh cinta dengan DOTS setelah Dr. Kang mengatakan ini di episode 6. Buatku ini adalah inti cerita DOTS. Orang-orang yang berjuang untuk menghidupi prinsip mereka. Dr. Kang mengutip ini ketika dia sedang berjuang menjadi petugas medis di saat Urk terkena gempa. Ia dan semua team-nya membatalkan kepulangan mereka ke Korea demi menolong para korban gempa. Buatku adegan ini KEREN pake banget! She's looks like hero and act like one

“Dating is when things that ‘I can do myself’ are done by the other person” -Captain Yoo- - Captain Yoo


Well, I found this quote really sweet and cute at the same time! If you're in a relationship, you will understand the meaning of this quote so well :))

“It’s not an understanding I need to receive, but an acceptance. I hoped Commander would choose me because of who I am not because his daughter wanted (me)” -Seo Dae Young-

Once again, these couple really make my heart feel hurt. You know, I feel you Seo Dae Young! I feel you..

"Whether it’s the North or the South or whichever side you’re on, the only one who can save you is a doctor” -Captain Yoo-

Ini juga salah satu kesukaanku. Kayanya memang aku lebih menyukai quote yang berhubungan dengan para dokter dibanding para tentara :p

“My plan was always to run away. You…who is braver than anyone else loved me, who is more foolish than anyone else. For that, I am grateful and sorry. If you’re reading this will, this stupid me is hurting you to the very end. Don’t forgive me. And as much as I thought of you, I hope you’ll be happy. I love you dearly Yoon Myeong Joo – whether I live or die, it’ll never change.” -Seo Dae Young-

Ini adalah isi surat terakhir Dae Young ke Myeong Joo sebelum dia bertugas tiga bulan lamanya —lalu dikabarkan meninggal. Mungkin bisa disebut surat wasiat? (Sebenernya Yoo Si Jin juga nulis surat ke Mo Yeon tapi buatku surat Dae Young jauh lebih sweet dibanding surat Yoo Si Jin). Waktu surat ini dikasi ke Myeong Joo, dia kekeuh ga mau baca surat terakhir Dae Young buat dia. Sebagai gantinya dia selalu bawa surat Dae Young kemana-mana. Akhirnya ketika Dae Young kembali —setahun kemudian setelah dikabarkan meninggal, Dae Young mengatakan langsung di depan Myeong Joo apa isi suratnya. Huwaaa.. it's really sweet confession! Untuk pengakuan yang sweet semacam ini, layak lah kalo isi surat ini masuk dalam salah satu quote DOTS favoritku. Feel nya bener-bener dapet! 

“The country has already acknowledged Sergeant First Class Seo Dae Young and as the Commander, it’s an honor to have Sergeant First Class Seo Dae Young as my son-in-law” -Lieutenant General Yoon-

I just wanna say: You deserve this Dae Young! You deserve this! Akhirnya ya ampun.. akhirnya... T.T

“Hippocrates said… a bunch of things, this and that. Some words stuck in my mind and some remained in my heart. Even though I may face danger, I won’t retreat from any disaster. Even when faving threats, I shall protect the peace of the country. Today, countless Yoo Si Jins & countless Kang Mo Yeons solemnly vow to do that. I hope those solemn vows to be kept throughout the whole earth, beneath the sun.” -Kang Mo Yeon-

I think the last quote from Kang Mo Yeon will be my last favorite quote from DOTS. Kayanya ini quote yang sempurna untuk menutup dan menyimpulkan seluruh cerita DOTS dari awal sampai akhir. Lebih dari kisah cinta dan romansa yang ada di sepanjang film, buatku poin ini yang paling penting dan MERUPAKAN pesan yang mau disampaikan Kim Eun Sook si penulis naskah. Hidup sesuai dengan kepercayaan dan prinsip yang diyakini. Mungkin keadaan bisa berubah-ubah dan tidak bisa ditebak, tapi yang namanya prinsip harus tetap dilakukan dalam kondisi apapun. Menurutku semenjak jaman Secret Garden Kim Eun Sook selalu memberi makna yang lebih dari sekedar kisah cinta dalam ceritanya —walaupun kebanyakan penonton akan fokus sama kisah cintanya aja. Ga bisa disalahkan juga sih, karena kisah cinta yang diramu Kim Eun Sook selalu magical dan bikin ketagihan ^^


Akhir kata, thank you Kim Eun Sook dan Lee Eung Book —sutradara DOTS, atas kerja kerasnya membuat drama yang sangat bagus dan memuaskan bagi penggila drama Korea seperti saya :)) Ditunggu karya-karya berikutnya yang lebih keren dan meluluhkan hati —kalimatku cheesy banget. Buat yang belum nonton DOTS, NONTON lah! Salah satu drama yang bagus dan menarik untuk disimak —dibanding sinteron Indonesia pastinya. I hope this article can help you to get more information about DOTS. See ya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...