Jumat, 22 April 2016

My Bookish Ask - April


Walaupun suka baca buku dan sengaja merubah blog pribadi ini menjadi "Book Blog", sebetulnya aku ga terlalu yang 'tenggelam' di dalamnya. Istilahnya aku ga terlalu book blogger seperti para book blogger lainnya. Aku cenderung buat post sesuai dengan kehendak hatiku.
Kalau aku lagi suka dengan drama Korea aku akan menulis panjang lebar tentang drama Korea yang sedang aku tonton.
Kalau aku sangat terkesima dengan fim yang baru aku tonton di bioskop, dengan lancar-nya aku akan menulis review tentang film itu.
Sedangkan aku sudah membaca buku yang berbeda-beda sejak awal tahun tapi sampai detik ini aku ga on the mood untuk bikin review-nya. Well, semua bilang yang namanya nulis itu butuh komitmen. Harus memaksa diri untuk meluangkan waktu dan mengorbankan tenaga untuk berpikir dan merangkai kata-kata supaya enak dibaca.

Tapi karena kesibukan di kantor, sempitnya waktu luang di sore hari, juga terbatasnya akses internet di rumah, akhirnya aku hanya bisa mencuri-curi waktu kerja untuk menulis blog. Seringnya saat-saat itu aku malah lebih tertarik untuk menulis hal lain selain buku hahahaha...

Anyway, kali ini aku sedikit back on track —yaitu menulis tentang buku. Lagi. Akhirnya! Let's cheer up for me! "Yeay!!" —abaikan. Sayangnya kali ini ulasan buku yang aku tulis bukan review dari novel yang sudah kubaca. Tapi lebih ke arah pertanyaan-pertanyaan seputar buku yang aku sukai. Aku menemukan daftar pertanyaan ini di tumblr dan entah kenapa mendadak aku ingin menulis —menjawab semua pertanyaan-pernyataan itu. 

So, let's get started!!

note: Meskipun pertanyaan-nya dalam bahasa Inggris tolong ijinkan aku untuk menjawab dengan bahasa Indonesia. Kenapa? Karena itu satu-satunya bahasa yang aku kuasai sepanjang hidupku :))

1. Top Three Books?

Kalau pertanyaannya seperti ini, sebetulnya susah banget untuk dijawab. Karena buku-buku yang aku sukai jumlahnya lebih dari 3. Dan aku sudah membaca banyak sekali buku. Banyak juga buku-buku yang aku suka jadi susah sekali untuk memilih 3 buku aja :)) Tapi kalau harus memilih tiga terbaik, mungkin buku yang akan aku pilih adalah:

5CM by Donny Dhirgantoro 



Buku ini merupakan novel terbaik yang pernah aku baca dari penulis Indonesia. Sayangnya sampai hari ini aku belum sempat menulis review-nya. Buku ini jelas memberikan dampak yang luar biasa untuk aku. Salah satu alasan aku merubah blog pribadiku menjadi book blog adalah karena membaca novel-nya 5CM. Aku juga sudah nonton film-nya, yang asli keren abis. Masih lebih keren buku-nya tentu aja, tapi film-nya juga ga mengecewakan. Buku ini bukan hanya menyuguhkan kisah cinta tapi buku ini juga bercerita tentang impian. Bahwa impian itu ga hanya dibicarakan tapi harus diperjuangkan. Ga heran kalau buku ini jadi mega best seller di Indonesia. Jelas buku ini layak untuk di apresiasi oleh semua pembaca di Indonesia.


Harry Potter Series by J.K Rowling


Serial Harry Potter adalah novel yang akan selalu aku sukai entah ketika aku masi remaja dulu maupun sekarang. Dari buku satu sampai dengan buku yang ketujuh aku ga pernah merasa ada yang jelek. Semuanya bagus. Novel legendaris ini ga cuma bercerita tentang sihir, tapi kisah persahabatan mereka, kisah perjuangan Harry yang sejak berumur satu tahun sudah ditandai dan jadi yatim piatu, keberanian-nya, dan keputusan-keputusannya untuk terus berada dalam track yang benar sungguh menginspirasi dan membuatku belajar banyak hal. Semua tokoh memiliki peranan yang mengagumkan, meskipun seorang musuh seperti Voldemort sekalipun. Jelas buku ini akan selalu ada di 3 teratas daftar favoritku.

Mutiara Bagi Raja by Hanna Carol




Buku ini bukan novel tapi mungkin termasuk dalam buku motivasi atau buku rohani? Bisa dikatakan buku ini termasuk buku non-fiksi. Apapun itu, aku akan memasukkan buku ini dalam daftar karena buku ini jelas sangat memberkati aku akhir-akhir ini. Aku juga belum sempat menuliskan review-nya tapi aku pasti akan menulis review-nya begitu ada waktu. Aku sangaaaatttt terberkati dengan semua ulasan dalam buku ini. Buku ini berbicara banyak kepada perempuan. Bahwa menjadi wanita itu bukan hal yang mudah tapi juga bukan berarti itu menyusahkan. Buku ini banyak memberikan tips pada perempuan agar dapat menjalani hidupnya dengan penuh syukur dan puji-pujian kepada Tuhan. Buku yang sangat wajib dibaca untuk semua perempuan. Very recommended book!

2. Favorite genre[s]?

Jujur aku susah menjawab pertanyaan satu ini. Aku menyukai banyak sekali genre buku. Jawabannya bisa berubah-ubah setiap waktu tergantung trend atau suasana hatiku hehehehe. Saat masa Harry Potter booming aku akan menjawab genre fantasy adalah favoritku. Saat The Hunger Games, Divergent Series, Shatter Me Series bahkan Legend Trilogy muncul, aku akan menjawab Dystopia adalah genre favoritku. Saat aku masi remaja dulu dan gandrung sekali menyewa novel di persewaan, aku akan menjawab Teenlit atau Chicklit adalah genre favoritku. Well, kalau sekarang... mungkin aku akan memilih Young Adult sebagai genre favoritku.


Apa itu genre Young Adult? Genre ini biasanya diperuntukkan untuk pembaca yang berumur 13-21 tahun. Umur ku? Hampir kepala 3 hahahahaha. Genre ini selalu menjadikan anak muda sebagai lakon utama dalam novel. Ceritanya juga sesuai dengan umur dari karakter utama yang ada dalam cerita. Meskipun demikian, untuk sederhana-nya genre ini termasuk dalam buku fiksi. Yap, fiksi adalah genre favortiku. Buku jelas terbagi dalam dua genre besar: fiksi dan non-fiksi. Jelas fiksi adalah pilihan utamaku dalam memutuskan membaca buku. Non-fiksi terlalu membosankan buatku walaupun sesekali aku tidak menolak untuk membacanya.

3. How do you organize your bookshelf?

Aku bukan tipe orang yang terlalu rapi tapi bukan juga yang suka berantakan. Aku suka melihat buku-buku ku tertumpuk rapi di kamar. Masalahnya, rak buku adalah barang langka di rumah. Kalaupun ada, jumlahnya hanya satu atau dua itupun aku harus berbagi dengan papi. Itu semua dikarenakan kebiasaanku membaca tanpa membeli buku. Dulunya aku lebih suka membaca novel dari persewaan buku. Tapi karena sekarang sudah bisa menghasilkan uang sendiri aku mulai memanjakan kesukaanku akan membaca dengan membeli buku-buku yang menurutku bagus dan menarik. 


Singkatnya, aku belum punya rak buku pribadi hahahaha. Sekarang dalam proses mau membeli nya :p

4. About how many books do you read a week?

Ya ampun, ini pertanyaan yang membuat aku malu habis-habisan. Sebenarnya belum tentu dalam seminggu aku menghabiskan satu buku. Aku bukan pembaca yang cepat. Aku adalah penikmat buku, bukan pelahap buku. Kadang aku bisa membaca 3 buku dalam satu minggu tapi di lain waktu satu bulan belum tentu satu buku habis kubaca :p I'm a random person hehehehe

5. Favorite authors?


No doubt.... J.K Rowling


Untuk non-fiksi aku memilih Joyce Meyer. She's really have a good way in words!

6. Favorite series?


Perlu kah diulang? Harry Potter series of course!

7. How do you mark your place in books?

Source: here
Pake pembatas buku. Aku ga suka melipat halaman buku ku. Aku melakukan itu cuma ke buku-buku yang aku benar-benar kecewa membelinya. Kalau pembatas buku ku habis, well.. aku pake kertas apa saja yang bisa kutemukan untuk diletakkan di halaman terakhir yang aku baca

8. Favorite Book Blogs?

Aku punya satu blog yang selalu aku simak setiap hari. Yaitu blog nya Stefanie Sugia Bookie Looker

9. Current or Classics?

Current!

10. Fiction or Non-Fiction

Fiction!

11. Favorite place to read?

Tidak ada tempat lain di dunia yang membuatku nyaman membaca selain di rumah a.k.a di kamarku!

12. Favorite beverage for reading?

Source: here
Aku bukan tipe pembaca yang suka membaca ditemani dengan makanan atau minuman. Teman membaca buku yang paling menyenangkan buatku adalah cahaya yang terang, kursi yang empuk (atau ranjang dengan bantal guling aroma badanku sendiri) sambil mendengarkan musik sesekali. Tapi aku cenderung menyukai ketenangan dan keheningan waktu baca buku. Biar bisa konsentrasi dan mendalami —alah. Tapi kalau aku disuruh memilih, aku paling suka teh manis (atau susu coklat) hangat sebagai teman membaca.

13. Currently Reading?


Eleanor and Park by Rainbow Rowell

14. Popular series/book you didn’t like/didn’t finish?

Oke, aku akan mengaku sekarang. Sebenernya aku belum selesai membaca Divergent Series sampai hari ini. Shameful? Yes. I'm a little bit shy to admitted this hahahaha. Padahal filmnya sudah keluar sampai Allegiant tapi aku belum membaca Allegiant sampai halaman terakhir. Memang aku sudah dengar kalau ending-nya jelek tapi bukan itu alasan aku belum mampu menyelesaikan Allegiant sampai hari ini.


Kebetulan buku Allegiant yang kupinjam dari teman merupakan cetakan yang cacat atau jelek. Di beberapa halaman saat memasuki bab terakhir —dimana Tris harus menghadapi serum kematian karena Caleb terlalu pengecut, cetakan-nya kabur. Tidak bisa dibaca sama sekali. Tinta nya terlalu tipis dan di halaman-halaman yang menentukan, tinta-nya malah hilang sama sekali. Karena frustasi dan jengkel akhirnya aku menyerah untuk melanjutkan. Sampai sekarang aku masi belum mood membaca nya lagi >.<

15. Favorite characters?


Kali ini aku akan menjawab berbeda —bukan Harry Potter seperti sebelumnya, tapi Aaron Warner Anderson. Siapa dia? Dia adalah tokon kontroversial yang lahir dari Shatter Me Series by Tahereh Mafi. Aku sudah menuliskan review seri ini lengkap dan terperinci di halaman belakang blog-ku. Should I give you the links? Yes, of course I will promoted my review in here. You can read my fangirling for Warner here. Awalnya semua mengira dialah peran antagonis dalam cerita. Tokoh yang harus dimusuhi tapi di saat yang sama dia begitu mempesona sehingga susah untuk dibenci. At last, he's the one who succeed to get the girl in the end!

And here's my favorite quote from Aaron Warner



16. Fantasy or Science Fiction?




Fantasy

17. Favorite bookstore?

No doubt, I will answer "Toko Buku Murah Online" or nama keren-nya TBMO
Letaknya di Jl. Raya Dharmahusada Indah 105 Surabaya


Toko buku ini terkenal murah sekali dan sering mengadakan diskon. Sayangnya, buku-buku disana kurang lengkap :( Terpaksa kalau buku yang aku cari ga ada disana aku akan beralih ke Toko Buku Gunung Agung atau Gramedia. Ga perlu kujelaskan dimana letak Gunung Agung dan Gramedia kan? Sepertinya seluruh umat beragama di Indonesia tahu letaknya dimana :))

18. Hardcover or Paperback?

Paperback. Sebetulnya aku lebih suka melihat buku dengan sampul hardcover. Kesannya rapi, cantik, dan elegan. Tapi untuk dibaca di kamar —atau dimana saja, jelas paperback lebih handy dan simple untuk dibawa kemana-mana. Selain ringan dan mudah ditekuk, beratnya pun lebih ringan dan tidak menyita banyak tempat di tas.

19. Do you use e-books or audio books?


Aku bukan penggemar keduanya. Jadi bisakah aku tidak memilih? :p 
Buatku hardcopy atau paperback merupakan wujud buku yang paling aku suka.
E-book memang menyenangkan bagi para pengguna kindle. Sementara aku bukan pengguna kindle. Aku lebih memilih mengoleksi buku-buku novel yang dijual di toko buku dibanding memilih e-books secara online.

20. Order online or buy in the store?

Dua-duanya aku suka! Aku juga sering melakukan keduanya. Buy in the store for newest book released and Order Online for discount books! hehehehehe

21. Favorite time of day for reading?

There's no particular time for me to reading books. Aku selalu membaca di saat sempat —juga di saat mood. Seringnya sih malam hari. Tapi buatku saat menyenangkan untuk membaca adalah hari libur!

22. Books you think should be movies?

Legend Trilogy by Marie Lu!!


Aku sukaaaaa banget sama Trilogy satu ini. Buatku Trilogy ini lengkap. Action packed and romantis di saat yang sama. Justru dibanding The Hunger Games Series atau Divergent Series —atau bahkan Maze Runner Series, aku jauhhhhhhh lebih suka Legend Trilogy! Buatku kisahnya lebih kompleks dengan misteri dan plot twist yang mengejutkan. Terutama aku bener-bener ingin melihat Day dan June —kedua tokoh utamanya, diperankan secara live di layar bioskop! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...