Kamis, 15 Juni 2017

My Korean Trip - Prolog


Going to Korea was my dream from a long time ago...

Dengan kesukaanku sama drama Korea, bisa ditebak kan alasan-alasan aku pengen ke Korea? Sebagian besar sama lah dengan para K-Drama lovers yang lain ^^
Pengen liat lokasi syuting drama..
Pengen nyoba makanan Korea..
Pengen nyobain pake Hanbok..
Pengen ketemu artis Korea..
Pengen dengerin orang-orang di sekitar ngomong bahasa Korea..
Pengen foto-foto eksis..
Bahkan pengen menghirup udara yang sama ama Bo Gum and Lee Dong Wook hahaha..

This year, God make it Happened! Thanks God for this chance..

I want to share not-so-short story cerita di Korea pada tanggal 1-6 April kemaren. I hope this share will help you know more about trip to Korea or bisa juga ini cuma bacaan untuk mengisi waktu luang :D 

Let's get start it...


Saya berangkat ke Korea ini ikut tour. Bukan, bukan tour regular yang semuanya langsung beres dan tinggal berangkat. Jujur, sama sekali ga tertarik ikut tour yang kaya begitu. Karena tour yang begitu lokasi-lokasi yang di-datangin ga sesuai selera. Mainstream banget. Lagian kemana-mana naik bus. Makan juga di lokasi-lokasi yang jadi langganan tour. Sementara saya pengen ngerasain gimana asiknya jalan kaki di Korea. Nyobain naik MRT —siapa tau ketemu Bo Gum, ya kan? #ngarep. Terus maunya ke tempat-tempat yang ga terlalu mainstream. Maka dari itu, Tour Backpacker solusinya. Kebetulan saya ada kenalan pemilik tour backpacker. Sahabat sendiri pula, namanya Devina Soetanto

Nama tournya: Chingu Story
Alamat IG-nya @chingu.story (saya ga dibayar untuk promosi loh ini). 

Dia ini emang temen bepergian yang anehnya bisa jodoh banget gitu sama saya. Ga ada perjalanan ke luar negri saya yang ga sama dia. Kok bisa ya hahahaha..

Chingu Story

Lalu kaya gimana sih tour backpacker ala Chingu Story? Chingu Story cuma melayani dan memandu ketika saya uda sampe di Korea. Jadi tiket pesawat pp ke Korea-nya saya harus beli sendiri. Mereka ga menyediakan jasa beliin tiket pesawat karena menurut Devina beli tiket pesawat untuk klien itu RIBET setengah mampus. Terutama kalau klien nya suka galau en mendadak batalin. Temen saya cuma sedia jasa jemput di Incheon. Sama urus visa dia masih oke-lah. Tapi kalau tiket pesawat dia ogah beliin. Berhubung kita ini sahabat ya, alhasil saya dapet privilege dong, Devina (atas nama pribadi, bukan tour) bantuin saya cari tiket promo. Tahun lalu saya nemu gitu tiket promo Garuda (dia yang nemu sih) pp ke Korea cuma 4.600.000 tapi berangkat dari Jakarta. Selain harganya yang miring, promo ini juga berlaku di tanggal yang saya mau. Yaitu Spring 2017. Pas di tanggal 1-6 April. Dengan segala bujuk rayu Dev jelasin kalau itu tanggal terbaik saat Spring di Korea karena aku bisa dia ajak ke Jinhae, untuk liat Cherry Blossoms. Merasa ga akan ada yang lebih murah dari ini, kita samber deh tiket dengan harga segitu. 

Visa Korea tampilannya gini di passport

Masalah tiket beres, akhirnya yang perlu di urus berikutnya adalah VISA. Korea adalah salah satu negara yang mewajibkan turis Indonesia memiliki VISA untuk masuk ke negaranya. Terkenal paling ketat dan ribet pula. Karena itu, lagi-lagi saya pake akses privilege saya sebagai sahabat Devina (sebenernya ini sahabat atau friend with benefit sih? Ckckckck..), untuk bantuin saya urus visa.

Ini yang bikin rencana saya ke Korea terasa 'hidup segan mati tak mau'. Batal emoh mau berangkat kok ya penuh perjuangan. Haish. Ada ajaaa yang bikin kegi. Entah peraturan baru yang mengharuskan wisatawan yang mau ke Korea punya NPWP lah (catet ini, kalau anda punya NPWP hidup anda lebih mudah sekarang), jumlah tabungan harus lebih dari 50 juta (biar PASTI dapetnya untuk yang ga punya NPWP), dan segala tetek bengek surat sponsor dll yang harus saya urus. Karena saya berangkat April jadi urusan 'durjana' ini kudu selesai bulan Februari. Jadilah sejak Desember sahabat saya (Devina) uda gangguin hidup saya. 


Setelah proses yang bikin tidur saya dihinggapi mimpi buruk terus-menerus (takut ga dapet visa), akhirnya di awal bulan Maret saya dikabari kalau saya berhasil dapet Visa Korea. Duh, rasa syukur-nya itu kaya habis lahiran anak pertama. Sueneng banget gitu! Hari-hari penuh ketegangan waktu chat sama Devina —we argue sometimes saking judeg-nya, terbayar sudah. Kalo bisa syukuran, saya rencana syukuran sih (alay), tapi karena dana harus diucurahkan untuk trip yang sudah pasti berangkat ini, jadinya saya humble aja gitu ngerayain-nya. Update status di twitter misalnya :)

Peringatan: Mohon diingat ya kalau mau ke Korea, urus passport (kalau belum punya) sama urus VISA jangan mepet-mepet. Karena surat yang mesti disiapkan banyak. Trus karena saya orang Surabaya, jadi harus minta tolong travel (dalam kasus saya ya Chingu Story) untuk bawa surat-surat saya ke Jakarta. Nanti disana di proses dua minggu. Yah kalau biasa nyewa jasa travel yang bayar nya mahal tapi langsung beres semua emang beda cerita. Cuma karena saya mau dapet pengalaman sekaligus pengen jalur yang benar, ya saya nyiapin-nya jauh-jauh hari dan sejelas mungkin. Perlu diingat juga, (walaupun pake jasa travel yang mahal dan ngurus semua surat-nya sekalian itu) kita harus tahu surat-surat yang dilampirkan itu apa aja. Jangan ga tau apa-apa sama sekali en cuma menyerahkan ke agen travel. Karena ada kalanya, ga disangka pihak kedubes Korea akan nelpon kita en tanya-tanya, sekali aja jawaban kita ga cocok atau salah, langsung deh kita di banned. Ga akan bisa dapet visa ke Korea untuk seterusnya. Korea ini ketat banget urusan ijin visa-nya dibanding Jepang. So, biasakan untuk mau tahu walaupun emang uda bayar mahal agar semua beres. Kalau saya sih ga pengen buang uang untuk membereskan masalah-masalah yang harusnya bisa dicegah dengan kita urus lebih awal atau urus sendiri. Itu kalau saya lho ya, tapi kembali ke idealis masing-masing :)


Tiket dapet, visa dapet, waktunya beli tiket ke Jakarta. Kan uda pasti berangkatnya nih, kemaren-kemaren dulu ga berani beli tiket ke Jakarta dulu karena takut ga dapet VISA. Beli deh tiket Sriwijaya Air ke Jakarta. Penerbangan saya ke Korea malem, jam 11-an. Satu saran lagi yang semoga bisa dipertimbangkan, kalau ke Korea enaknya beli tiket yang berangkatnya malem aja —jadi pas nyampe Korea pagi, bisa langsung jalan. Ga buang waktu di jalan :) Nah karena ini saya berangkat dari Surabaya ke Jakarta sendirian (Devina uda nunggu saya di Korea) mami ketir-ketir setengah hidup. Ga pernah saya pergi naik pesawat sendirian seumur hidup. Ini pengalaman pertama. Yang harusnya agak takut itu saya, tapi ini yang lebay mami. Di telpon terus, ditanyain posisi dimana, ama siapa, sedang apa? *kok jadi kaya pacar yang posesif* hahaha. Tapi semuanya berjalan lancar. Sriwijaya sempat delay satu setengah jam, tapi untungnya ga telat nyampe Jakarta-nya karena sengaja beli tiket yang sore-an. Mencegah terjadinya hal-hal kentut macam delay.

Untungnya nih, temen tour yang sama-sama ikut Chingu Story ada yang berangkat dari Jakarta juga. Ce Frida namanya (tapi sapaan sayangnya Ce Nini), jadilah sampai di Jakarta aku ada temen nya untuk flight bareng ke Korea. Satu tambahan cerita yang mau saya share waktu di imigrasi Indonesia, saya sedikit bete sama petugas imigrasi nya. Emang sih selama dari Surabaya sampai Jakarta saya jarang buka hape karena mau fokus di bandara. Janjian ketemuan sama Ce Nini dan nyari tempat oke untuk ketemuan. Begitu uda ketemuan —lega kan, setelah ngobrol dll waktu antri di imigrasi saya mulai bales semua chat, telpon, bahkan pertanyaan dari orang rumah maupun teman-teman. Mungkin karena saya ga fokus dan liat hape terus, petugas imigrasi nya bete. Tau gak, passpor saya dikembaliin ke saya tanpa di stempel. Hanya karena dia bete liat saya main handphone terus en ga fokus. Saya diminta antri lagi dari belakang. 

SUMPAH SAYA JENGKEL LUAR BIASA. Emang dia guru? Kepala Sekolah? Dosen? Kenapa ga langsung bilang aja: "Mbak, jangan liat hape terus. Fokus dong!" Rese abisss ini petugasnya! Ini kalau bukan mami atau keluarga yang chat juga ga bakal se ga fokus gitu. Beneran deh pengen maki saking bete-nya, tapi karena waktu itu rame banget dan saya ga mau ribut, saya antri lagi dengan muka jutek. 

Ketika tiba saatnya berangkat ke Korea —sempet delay setengah jam, hati ini lega luar biasa. Rutinitas wajib begitu masuk pesawat: berdoa. Say thanks sama Tuhan, (I make it God.. I make it!), plus minta penyertaanNya supaya sampe tujuan dengan selamat. I love traveling but I hate flying. Korea adalah penerbangan terjauh yang akan saya tempuh. Perjalanannya 6.5 jam —dan saya susah tidur di pesawat, dinginnya ampun-ampun. 

Tapi semua rasa capek, kurang tidur, wajah kumus-kumus, ga menyurutkan kesenangan begitu bisa menjejakkan kaki di Korea. It feels like dream come true. Ya Tuhan, Debra di Korea! Pemandangan pertama keluar dari pesawat adalah wajah pegawai penerbangan Korea yang super cantik kaya model. Terus waktu ambil bagasi, saya disambut wajah ganteng Lee Dong Wook lewat LCD TV yang gede banget. Saat itu terasa banget kalau lagi di korea. Suara samar-samar orang Korea yang lagi ngobrol, suara panggilan dari interkom berbahasa Korea, wajah-wajah petugas yang so Korean, dan pemandangan sekitar yang lebih hi-tech timbang Indonesia, langsung membius. 

God, I'm seriously in Korea right now! #superhappy

Dengan semangat'45, saya keluar bandara untuk ketemu sama tour guide sekaligus sahabat yang membantu saya mewujudkan mimpi ini —nyampe di Korea, yaitu Devina. Walaupun perasaan uda bergelora luar biasa —pengen jerit-jerit alay, saya cuma bisa menunjukkan setitik kesenangan waktu ketemu sama Devina. Dia dikelilingi temen tour lain yang sama sekali asing. Behave dong! Saya ga bisa langsung asal nyablak kaya biasanya :)) 

Setelah perkenalan singkat di bandara, berikutnya kita keluar dari bandara untuk cari mobil van yang akan anter kita semua ke guest house. Begitu badan terpapar matahari, astaga.. dingin bangettttt anginnya! Devina sudah bilang sih kalau April ini Korea masih dingin banget. Ga sedingin waktu winter tapi jelas buat orang Indo, kita ga bisa keluar rumah tanpa pake jacket atau coat. Untuk itu sebelum berangkat ke Korea Dev maksa saya buat beli coat untuk dipake selama tour. Daerah yang harus dilindungi dari angin selain lengan dan pundak —pastinya leher. Sama bokong (sorry for using this word) ke bawah. Makanya kalau pake coat terasa lebih hangat dibanding pake jacket doang. 

Masalahnya, saya dateng ke Korea cuma dengan jacket. Coat-nya terlipat rapi di koper. Alhasil kedinginan luar biasa begitu keluar bandara. Saran saya, pakailah coat begitu sampe bandara —kalau dateng ke korea saat Spring atau Autumn, kalau Winter ga usah dijelaskan lah ya. Dingin banget gila!

Harusnya aku nginep di nomer 33 tapi geser ke nomer 35 ini ^^
Wifi-nya kenceng loh! En ini tampilan kamar saya (saya lupa moto jadi ambil dr google aja hehehe)

Begitu sampe Guest House, disana kita langsung masukin koper —sekaligus nganget. Guest House nya lucu, kecil sih tapi bersih. Yang lucu icon-nya, kelinci. Terus nuansa nya putih dan kuning. Setelah ngobrol sama yang punya Guest House kita diminta tunggu sebentar, soalnya kamar kita masih dibersihkan —barusan ada yang check out. Sambil nunggu, ahjumma yang jaga di belakang meja resepsionis jelasin fasilitas apa aja yang bisa kami dapatkan selama nginep disana —breakfast berupa roti, telur, teh, air putih. teh hangat, maupun kopi (tapi semuanya bikin sendiri dan tinggal ambil di pantry), terus dapet handuk baru setiap hari (tapi lagi-lagi ambil sendiri di belakang meja resepsionis), en mereka menyediakan mesin cuci kalau kita mau cuci baju. Sayangnya mesin cuci boleh digunakan di bawah jam 10.00 PM, di luar itu ga boleh. 

Alamat: Namsan Guest House, 35-2, Namsandong 2ga, Junggu, Seoul, Korea
Meja respsionis dan Tempat untuk Sarapan
Setelah semuanya jelas dan akhirnya kita bisa masuk kamar untuk naruh koper, cuci muka dll, akhirnya tiba waktunya untuk jalan-jalan! I was so excited back then. Lupa sama ngantuk, sama capek abis flight 6.5 jam, lupa kalau udaranya dingin minta ampun yang ada kami semua super excited untuk jalan-jalan. Kaki ini rela diajak jalan sejauh apapun hahahaha. 

So, kira-kira kemana aja jadwal hari pertama di Korea? 


To Be Continued...


Note: Well, maunya nulis ulasan singkat, padat, jelas, dan ga panjang-panjang. Tapi kayanya emang ga bisa. Ulasan tentang Korea kayanya harus dibagi beberapa part biar yang baca ga muak liat tulisan terus-menerus. See yout at Korean Trip Part 2 ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...