Sabtu, 14 Januari 2017

Review Film : Your Name Is.. (Kimi No Nawa)


Setelah sekian lama, akhirnya aku nonton juga film animasi Jepang yang katanya super bagus dan layak masuk nominasi Oscar ini. Bisa dibilang aku cukup terlambat, mengingat hype nya sudah santer terdengar sejak Agustus tahun 2016 lalu. Belum lagi film-nya juga sudah diputar di CGV sejak awal Desember 2016 lalu —yang sekarang jelas sudah hilang dari jadwal. Tapi aku malah baru nonton sekarang. Not happening? Yeah, I know. Rencana-ku, aku emang pengen nonton film ini sendirian. Aku pengen menikmati cerita dari film animasi yang katanya super menyentuh dan mampu bikin cowok semacam The Rock nangis ini —sendirian. Kan malu kalo ketauan nangis. Anyway, apakah rumor-rumor menakjubkan tentang film ini benar adanya?


Check this out!
Review Your Name (Kimi No Na Wa)

Type: Movie
Episodes: 1
Status: Finished Airing
Aired: Aug 26, 2016
Producers: Kadokawa Shoten, Toho, Studio Don Juan, Lawson HMV Entertainment, Amuse, East Japan Marketing & Communications
Licensors: FUNimation Entertainment
Studios: CoMix Wave Films
Source: Original
Genres: Supernatural, Drama, Romance, School
Duration: 1 hr. 46 min.
Rating: PG-13 - Teens 13 or older


Your Name (Kimi No Na Wa) bercerita tentang kehidupan sederhana milik seorang gadis remaja bernama Mitsuha Miyamizu. Ia tinggal di sebuah kota kecil (atau desa), dimana ia merupakan anak seorang walikota —yang berencana mencalonkan diri menjadi walikota lagi di pemilihan berikutnya. Ia tinggal bersama seorang adik perempuan —namanya Yotsuha dan seorang nenek. 



Layaknya kehidupan manusia di kota kecil, keseharian Mitsuha tidak jauh dari adat istiadat yang masih sangat kental —apalagi keluarga dari ibu Mitsuha memang mengurus kuil secara turun-temurun, dan kegiatan sekolah yang monoton. 




Mitsuha sangat tidak menyukai kota tempatnya tinggal. Ia membenci keadaan keluarganya yang mengharuskan ia melakukan adat istiadat bahkan di depan teman-teman sekolahnya. Tempat tinggalnya juga tidak menyediakan cafe dan mall serta gedung-gedung bertingkat layaknya kota besar. Mitsuha sangat mendambakan tinggal di kota besar, seperti Tokyo. Ia ingin segera lulus SMA dan mencoba tinggal di Tokyo. Ia juga berharap di kehidupan berikutnya ia terlahir sebagai cowok tampan yang tinggal di Tokyo.



Impiannya itu terkabul tidak lama kemudian, namun dengan cara yang sangat aneh. Semua bermula ketika suatu pagi Mitsuha terbangun dengan perasaan aneh pada tubuhnya. Keesokan harinya ia lupa dengan kejadian yang terjadi sebelumnya dan bingung mendengar pertanyaan orang-orang di sekitarnya mengenai apa yang terjadi padanya kemarin. Tidak sampai disitu, semuanya makin membingungkan ketika Mitsuha terbangun dalam tubuh seorang remaja laki-laki yang tinggal di Tokyo! 



Awalnya ia mengira hanya sedang bermimpi dengan menjalani kehidupan orang lain. Tapi remaja laki-laki yang ia masuki tubuhnya ternyata juga memasuki tubuhnya ketika ia sedang bermimpi. Lewat pertukaran informasi yang terjadi ketika mereka bertukar jiwa, Mitsuha akhirnya sadar bahwa tubuh yang ia pinjam memang nyata dan milik laki-laki bernama Taki Tachibana. Semenjak itu, kehidupan Mitsuha maupun Taki tidak pernah sama lagi. Mereka sekarang saling bertukar informasi dan berkenalan dengan kehidupan masing-masing secara tidak langsung. Mereka bahkan sepakat membuat buku harian untuk melaporkan keseharian mereka ketika mereka bertukar tempat. 

Dan di saat mereka mulai terbiasa satu sama lain, pertukaran jiwa itu mendadak berhenti.


Apa yang membuat kejadian aneh itu berhenti seketika? Apakah berita mengenai komet yang akan segera jatuh ada hubungannya dengan pertukaran jiwa mereka? Lalu, perasaan resah apa yang dirasakan Taki maupun Mitsuha sehingga memaksa mereka untuk mencari tahu keberadaan satu sama lain ketika pertukaran jiwa mereka terhenti? Dan, apa hubungan semua kejadian itu dengan judul film ini, Your Name? Kenapa nama menjadi komponen penting dalam kisah mereka?


Your Name menjawab semua-nya dengan kisah yang luar biasa indah! Semua rumor mengenai film animasi ini benar adanya! Daebak! Bagussss buangeetttt! Gimana ga jatuh hati coba dengan film sebagus ini? Walaupun sebenernya cerita semacam ini klise untuk ukuran anime, tapi entah kenapa semua-nya terasa pas dalam film ini. Diatur dalam ritme yang briliant. Ga terburu-buru, ga terlalu bertele-tele, ga terlalu cengeng, tapi juga ga terlalu datar, semua dalam porsi yang pas. Kejutan-nya pun masuk di saat-saat yang tepat. Aku emang dari dulu suka banget sama anime Jepang, karena meskipun hanya animasi atau kartun, Jepang selalu bisa menarik hatiku dengan kisah-kisah nya yang unik dan ga ada dua-nya. Your Name adalah semua yang aku suka jadi satu. Romantis, mistis, dan mengharukan, pokoknya komplit.

Aku terutama jatuh cinta dengan cerita Your Name itu sendiri. Sedari duluuu, aku selalu suka kisah cinta yang berbau-bau takdir, mistis, magical, dan saling menemukan walaupun berbeda ruang dan waktu, semacam paralel universe. (Ops, spoiler! Oke, sepertinya ga mungkin mengomentari cerita-nya tanpa memberikan spoiler sama sekali. After this, my review contain so much spiler. Don't read this paragraph if you hate any kind of spoiler!') Your Name menyuguhkan semua itu. Aku suka kisah cinta antara Mitsuha dan Taki, dimana mereka merasa ditakdirkan satu sama lain. Meskipun mereka jauh dan nantinya saling melupakan tapi deep inside, they know each other. Walaupun terpisah dalam waktu lama, tapi mereka selalu saling mencari. Dan ketika mereka ketemu lagi, tanpa kata, tanpa penjelasan, they just know. They know they found each other. I like that kind of thing hahahahaha. Aku suka kisah cinta yang ga lekang oleh waktu macam itu. Aku suka kisah cinta yang mau saling menunggu dan mau saling menemukan walaupun banyak rintangan. Menurutku itu super romantis hahahaha. Cuma Jepang yang jago bikin kisah begitu dalam anime-nya ^^



Selain memiliki cerita yang sangat bagus, Your Name juga didukung dengan BGM maupun soundtrack yang sweet khas Jepang. Belum ditambah pemandangan visual yang sangat memanjakan mata. Ga akan berhenti dibuat terpukau deh sama pemandangan-pemandangan yang ada di film ini. Warnanya cerah, cantik, detail dan sangat natural, bener-bener mirip sama aslinya. Memang ga ada yang menandingi Makoto Shinkai kalo urusan visualisasi. TOP banget! 

Kataware Doki

Sebenernya aku cukup takut nonton film ini, karena aku sangat kecewa dengan kisah 5Centimeters Per Second (2007) —film animasi garapan Makoto Shinkai yang lain. Itu juga salah satu alasan aku maju-mundur nonton Your Name. Aku takut Your Name akan berakhir dengan kisah yang mirip-mirip itu. Tapi ternyata ketakutanku ga ada artinya. Karena Your Name jelas jauuhhhh lebih bagus dari 5CM. Ending nya juga sangat memuaskan. Sehingga penonton bisa melihat credit title di akhir film dengan puas. Jelas aja kalo film ini sudah meraup pendapatan sebesar Rp 1.1 triliun, karena memang salah satu film animasi terbaik yang pernah dibuat. 


Overall, film ini salah satu film wajib tonton buat pecinta anime Jepang. Tapi buat yang ga cinta anime juga boleh banget mempertimbangkan untuk nonton film animasi ini. Beneran deh bagus banget! Semuanya komplit di film ini. Ceritanya dapet, romantis-nya dapet, lucu-nya dapet (terutama adegan ketika Taki memainkan salah satu bagian tubuh "baru"-nya wakakakakaka), twist-nya dapet, tegang-nya dapet, bikin penasaran-nya dapet, visual-nya juga dapet, soundtrack-nya bagus, hampir ga ada kekurangannya. Walaupun filmnya dalam wujud animasi, ga mengurangi kebagusan-nya sama sekali kok. Ga semua film animasi artinya film anak-anak. Buat yang terganggu dengan kenyataan ini film animasi, bisa membuka pikirannya sedikit dengan coba nonton dulu sebelum menghakimi hehehehe. 




Happy watching and jangan lupa siapin tissue ya, mungkin kalian ga kuat hati seperti saya!
 ^^

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...