Jumat, 05 Februari 2016

Cheese in The Trap - Korean Drama


Setelah lama ga posting apa-apa di blog, akhirnya hari ini aku punya kesempatan untuk posting sesuatu in my forgotten blog
And today I want to talk about Cheese In The Trap! On Going drama yang sedang gila-gilanya kusimak.
It's all about Korean Drama again!! hahahahahahaha
Well, recently I have no interest to read a books :(
Ada beberapa buku yang sudah selesai kubaca tapi entah kenapa aku ga punya mood sama sekali untuk bikin rekapan maupun review-nya -_-"
Mungkin aku sedang dalam masa jenuh dengan buku maupun menulis review >.<

CHEESE IN THE TRAP 


Cheese in The Trap merupakan drama yang di adaptasi dari Webtoon berjudul sama karangan Soon Ggi. Bagi yang punya aplikasi Webtoon di hape pintar-nya, bisa menyimak langsung cerita Cheese In The Trap yang sudah memasuki session 2. Sementara di Korea sendiri webtoon-nya sudah memasuki session 4 ―yang digadang-gadang sebagai session terakhir unutuk serial ini. Sebagai informasi tambahan, webtoon-nya belum tamat ketika dramanya disiarkan di TvN dan menurut kabar yang aku dengar pengarangnya, ―Soon Ggi memberikan kedaulatan bebas bagi sutradara drama-nya untuk memberikan akhir yang memuaskan bagi para penonton. Namun kabar lainnya mengatakan bahwa sebagai jalan tengah yang baik, sutradara nya telah mendapat bocoran dari Soon Ggi sendiri mengenai bagaimana ia akan mengakhiri komiknya. Sutradara hanya perlu sedikit kreatif dengan membuat scene yang sesuai dengan plot yang dibuat namun dalam nuansa yang berbeda. Apapun itu, aku sendiri berharap baik dalam drama maupun komik, mereka akan membuat akhir yang bahagia dan menyenangkan ^^

PROFILE

Drama: Cheese in the Trap
Director: Lee Yoon-Jung
Writer: Soon Ggi (original comic)
Network: tvN
Episodes:16
Release Date: January 4, 2016 
Runtime: Mondays & Tuesdays 23:00
Language: Korean
Country: South Korea

PLOT


Cheese in The Trap bercerita tentang hubungan unik antara Hong Seol ―mahasiswi tingkat 3 jurusan Manajemen Bisnis dengan Yoo Jung ―mahasiswa tingka 4 jurusan Manajemen Bisnis. Keduanya memiliki latar belakang keluarga yang jauh berbeda. Hong Seol harus mengalami kesulitan keuangan dalam keluarga ―semenjak ayahnya tidak berhasil membuka bisnis untuk bisa mencukupi kebutuhan keluarga, ditambah dengan kenyataan adiknya membutuhkan biaya besar untuk sekolah di luar negri. Hong Seol sendiri dituntut mendapatkan beasiswa oleh orangtuanya agar meringankan beban mereka membayar uang kuliah Hong Seol. Sementara itu Yoo Jung merupakan Chaebol generasi kedua dan juga merupakan anak tunggal dalam keluarga. Ia hidup berkelimpahan sejak lahir, belum ditambah kelebihan-kelebihan lainnya seperti otak yang pintar, wajah ganteng, tubuh atletis, serba bisa dan selalu ramah pada orang lain. Hal ini sangat jauh berbeda dengan Seol yang berpenampilan biasa-biasa saja, kutu buku, tertutup, dan tidak begitu mencolok. 

 

Pertemuan pertama mereka tidaklah begitu menyenangkan. Namun bagi Seol, penampilan Yoo Jung yang sempurna dari kepala sampai kaki itu tidak membuat dia terpesona sama sekali. Justru Seol melihat sesuatu dalam diri Jung yang tidak dilihat orang lain. Ia merasa ada sesuatu yang tidak menyenangkan dalam diri Jung. Aura gelap dan sisi gelap Jung yang jarang diperlihatkannya kepada orang lain. Meskipun terlihat bodoh dan tidak mencolok, harus diakui bahwa Seol punya pengamatan yang tajam dan tepat sasaran mengenai kepriabadian Jung. Jung memanglah tidak sesempurna kelihatannya.

Pengetahuan Seol mengenai Jung terbukti malah jadi boomerang buat dirinya sendiri. Ia merasa sudah ditandai oleh Jung. Ia merasa kemanapun ia pergi, setelah ia mengetahui sisi gelap Jung, kehidupannya menjadi sengsara di kampus. Ia sering menjadi sasaran empuk bagi para penggemar Jung. Tidak sekali dua kali ia terlibat masalah akibat tindakan tidak langsung dari Jung. Seol begitu ketakutan sehingga ia memutuskan untuk cuti kuliah. Tanpa diduga, di saat ia akan mengajukan cuti, pihak universitas memberikan beasiswa yang sudah sangat ia inginkan semenjak dulu. Merasa bahwa kesempatan ini tidak boleh ia lewatkan, mau tidak mau ia menunda cuti kuliahnya. 


Tapi semua kembali mencurigakan setelah ia tahu bahwa orang yang membuatnya bisa mendapatkan beasiswa adalah Jung. Asisten Mahasiswa yang bertugas mengurus beasiswa Jung tidak sengaja menghilangkan berkas-berkas milik Jung sehingga akhirnya yang mendapatkan beasiswanya adalah Seol. Selain itu, sikap Jung mendadak berubah kepada Seol. Kalau sebelumnya ia merasa diincar oleh Jung, sekarang tiada hari tanpa senyuman Jung menyapa Seol di kampus. Tidak hanya menyapa dengan ramah, Jung juga sering tiba-tiba muncul untuk mengajaknya makan bersama. Jung bahkan sangat sering membantunya dan menawari kebaikan untuk Seol kapanpun dia bisa. 

Seol ―yang merasa semua ini tidak beres dan mencurigakan, selalu waspada di dekat Jung. Ia tidak mudah percaya dengan kebaikan yang selalu ditawarkan Jung padanya. Namun di sisi lain, Seol selalu mempertanyakan alasan di balik semua perhatian Jung kepadanya. Pada satu titik ia menemukan bahwa kehati-hatiannya terhadap Jung terlalu berlebihan sehingga ia sering salah paham terhadap Jung. Sesungguhnya ada kalanya ketika ia merasa terbantu dan bersyukur dengan keberadaan Jung membantunya di kampus. Itulah yang membuat drama ini begitu menarik sehingga selalu ditunggu-tunggu penayangannya setiap minggunya. Sebenarnya seperti apakah Jung yang sebenarnya? Apakah ia benar-benar tidak sebaik penampilannya? Atau hanya Seol yang over sensitif? Lalu, apa benar Jung punya perasaan khusus pada Seol?


Ceritanya yang menarik dan selalu bikin penasaran menarikku untuk terus mengikuti keduanya, baik Webtoon maupun dramanya. Sebagai penyuka webtoon, aku memilih untuk baca webtoon-nya terlebih dahulu, baru menonton dramanya. Sepertinya itu keputusan yang tepat untuk mulai menikmati Cheese in The Trap karena banyak yang berkomentar bahwa melihat dramanya terlebih dahulu menyebabkan versi webtoon terlihat membingungkan. Sebenarnya itu anggapan yang salah sih. Bagaimanapun webtoon-nya merupakan dasar cerita yang digunakan dalam drama. Memang versi drama nya dibuat agak berbeda dengan versi webtoon-nya, dalam drama semuanya terasa lebih cepat dengan perubahan sedikit disana-sini. Tapi di webtoon kita bisa tahu seluruh ceritanya dengan lebih baik dan lengkap. Jalan ceritanya jelas lebih lambat karena kita diajak mengenal setiap karakternya satu persatu dengan baik. Terutama kita bisa dibuat mengenal karakter Yoo Jung dengan lebih baik.

Walaupun demikian, aku sangat menyukai keduanya. Buatku asik juga melihat adegan-adegan yang kusuka dalam webtoon dimainkan secara live dalam drama. Tidak semua adegan ada dalam drama, beberapa sudah dimodifikasi oleh sutradara tapi tetap mengusung plot yang sama. Hal ini menarik buatku karena aku benar-benar suka dengan kisah Seol dan Jung, melihat mereka dalam komik dan live benar-benar membawa kepuasan dan kenikmatan tersendiri.


Terutama dalam drama, aku bisa melihat langsung para aktor dan aktris yang memerankan karakter-karakter kesukaanku. Disini ada daftar lengkap para pemain Cheese In The Trap beserta tokoh yang mereka perankan:
Park Hae-Jin - Yoo Jung
Kim Go-Eun - Hong Seol
Seo Kang-Joon - Baek In-Ho
Lee Sung-Kyung - Baek In-Ha
Nam Joo-Hyuk - Kwon Eun-Taek
Park Min-Ji - Jang Bo-Ra
Kim Ki-Bang - Kong Joo-Yong
Lee Woo-Dong - Heo Yoon-Seob
Moon Ji-Yoon - Kim Sang-Cheol
Kim Hee-Chan - Hong Joon
Ji Yoon-Ho - Oh Young-Gon
Ko Hyeon - Kyung-Hwan
Yoon Ye-Joo - Kang A-Young
Ahn Kil-Kang - Hong Jin-Tak (Hong Seol's father)
Son Byung-Ho

CHARACTER

1. Yoo Jung - Park Hae Jin


Karakter Yoo Jung yang sempurna dari ujung kepala sampai ujung kaki tapi juga misterius dan mencurigakan, diperankan dengan sangat bagus dan nyaris sempurna oleh aktor Park Hae Jin. Terus terang yang membuatku sangat penasaran dengan dramanya adalah karena Park Hae Jin berperan sebagai Yoo Jung. Aku sudah sangat jatuh cinta dengan akting Park Hae Jin sejak dia memerankan Lee Jong Moon di Bad Guys. Buatku dia adalah replika sempurna seorang psikopat yang tenang tapi mematikan. Entah kenapa pandangan mata dan gerak-geriknya sebagai psikopat di Bad Guys sangat pas sehingga ketika mendengar bahwa dia akan menjadi Yoo Jung yang misterius dalam Cheese In The Trap, aku merasa harus menontonnya. Dan aku sama sekali tidak menemukan kesalahan untuk keputusan ini. Park Hae Jin adalah gambaran sempurna untuk seorang Yoo Jung. Yoo Jung dalam webtoon memang terlihat lebih creepy tapi bagaimanapun juga aku suka penggambaran Park Hae Jin akan Yoo Jung versi dirinya. Dia bisa terlihat tidak-terlalu-mengerikan namun di saat yang bersamaan dia juga terlihat sangat charming sehingga aku benar-benar jatuh hati dengan Yoo Jung yang ia perankan. Good job Sunbae! <3

2. Hong Seol - Kim Go Eun


Ini adalah pertama kalinya buatku mengetahui aktris Kim Go Eun. Saat melihat teaser dari drama ini aku sebenarnya sangat kecewa dengan kenyataan bahwa dia akan menjadi Hong Seol dalam drama Cheese In The Trap. Buatku Kim Go Eun tidak membawa aura Hong Seol yang sederhana tapi pekerja keras. Waktu melihatnya pertama kali aku cuma merasa dia nerd. Benar-benar nerd. Too nerd. Buatku Hong Seol jelas tidak se-nerd itu. Sepertinya lebih cocok kalau dia jadi So Min Soo aja. Namun setelah melihat aktingnya di epsiode 1, aku serta merta berubah pikiran. Kim Go Eun boleh sedikit tidak meyakinkan dalam tampilan fisiknya, tapi akting nya tidak perlu diragukan lagi. Dia briliant. Dia benar-benar memerankan Hong Seol versinya sendiri dengan sangat bagus. Secara penampilan aku merasa dia tidak terlalu mirip Hong Seol dalam webtoon tapi gerak-geriknya, cara nya bergerak dan kikuk, caranya berbicara, she's totally Hong Seol. 

Pantas saja kalau Park Hae Jin memujinya habis-habisan tentang aktingnya. Seperti aku, Park Hae Jin merasa kemiripan Kim Go Eun melakonkan Hong Seol bukan hanya di permukaan tapi benar-benar secara karakter. Kim Go Eun mampu menampilkan karakter Heong Seol seutuhnya. Really nice. Seharusnya Baek Suzy yang akan mendapat peran Hong Seol. Namun ia menolak dan sutradara meminta Kim Go Eun untuk memerankan Seol. Awalnya Kim Go Eun menolak karena jadwalnya tidak cocok untuk drama Cheese In The Trap. Namun setelah sutradara sendiri yang terus meminta akhirnya Kim Go Eun mau menerima, terutama setelah dengan baik hati sutradara menyesuaikan jadwal syuting Cheese in The Trap dengan jadwal Kim Go Eun. Bagi Kim Go Eun sendiri, suatu kehormatan untuknya bisa ikut serta dalam drama besutan Lee Yoon Jung, sebab sudah lama ia sangat menyukai drama Coffe Prince yang juga disutradarai oleh Lee Yoong Jung. Cheese In The Trap merupakan drama pertama yang diambil oleh Kim Go Eun. Sebelumnya dia memang lebih banyak mendapat peran dalam film layar lebar.

3. Baek In Ho - Seo Kang Joon


Ini juga pertama kalinya aku melihat Seo Kang Joon yang memerankan Baek In Ho. Sejujurnya, aku kurang memperhatikan karakter In Ho di dalam webtoon. Aku baru benar-benar memperhatikan In Ho setelah Kang Joon memerankan nya dengan luar biasa keren dalam drama. Entah kenapa aku lebih menyukai In Ho versi Kang Joon dibandingkan versi webtoon. Dalam webtoon aku kurang menyukai wajah culas dan licik In Ho namun dalam drama, ekspresi Kang Joon yang sering ia tunjukkan sangat sesuai dengan karakter In Ho yang sesungguhnya dalam webtoon. Ia menyimpan luka, rasa sepi, rasa marah, kesedihan, dan kekecewaan dalam tindakannya yang serampangan juga kata-katanya yang kasar. Kang Joon juga berhasil menampilkan sisi gentleman dan sisi baik In Ho. Buatku In Ho awalnya annoying dan menganggu. Dia selalu berteriak-teriak dan bertengkar dengan In Ha ―saudarinya, maupun dengan Jung. Lama-kelamaan aku baru menyadari bahwa sebenarnya ia kesepian. Ia hanya ingin punya keluarga yang menyayanginya dan ia sayangi. Aku sangat berharap pada akhirnya ia berhasil menyelesaikan kesalahpahaman yang terjadi di antara dirinya dengan Jung. Aku juga sangat berharap bahwa dia akan menemukan seseorang yang bisa mencintainya. Sebaik apapun In Ho pada Seol, sebanyak apapun yang nge fans dengan In Ho dan berpikir Seol lebih baik berakhir dengan In Ho dibandingkan dengan Jung, maupun sebaik apapun hubungan Seol dengan In Ho, buatku Jung tetaplah pasangan yang sangat ideal untuk Seol ^^ Sorry In Ho team

4. Baek In Ha - Lee Sung Kyung


Aku mengenali cewek ini saat dia berperan sebagai cewek yang ditaksir oleh Lee Kwang Soo dalam drama "It's Okay That's Love" beberapa tahun lalu. Banyak sekali yang membenci akting-nya dalam memerankan In Ha karena tidak sesuai dengan karakter In Ha dalam webtoon. Tapi aku justru merasa sebaliknya. Aku SUKA BANGET In Ha yang ditampilan oleh Lee Sung Kyung. Aku suka semua ekpresinya. Aku suka cara bicaranya yang nyolot dan judes. Aku suka intonasinya yang nyengak dan ga bersahabat. Aku suka caranya berlaku kasar ke adiknya sendiri ―In Ho, maupun caranya berbaik-baik dengan Jung. She's perfect

In Ha dan In Ho merupakan cucu dari seorang profesor yang sangat dihormati oleh ayahnya Jung. Setelah sang profesor wafat, ayah Jung mengadopsi mereka dan memperlakukan mereka seperti anak sendiri dan berharap keberadaan mereka bisa membantu Jung yang merupakan anak tunggal. Sayangnya persahabatan mereka tidak berlangsung lama karena pada saat SMA In Ho mendapat kecelakaan saat bertengkar dengan gangster di sekolahnya. Tangan In Ho terluka parah, itu merupakan pukulan berat bagi In Ho karena ia adalah pemain piano berbakat. In Ho yakin bahwa luka di tangannya disebabkan campur tangan Jung dalam perkelahian yang ia alami. Semenjak itu hubungan mereka memburuk. Di sisi lain In Ha yang selalu seenaknya sendiri dan tidak mau membenahi diri membuat Jung lelah dan menambah buruk hubungan mereka bertiga. In Ha sendiri juga memiliki bakat dalam bidang Art, ia suka melukis dan hasil lukisannya indah, tapi sudah bertahun-tahun ia menyerah dengan mimpinya dan menjadi parasit bagi keluarga Jung. Hubungan mereka dan keadaan yang rumit ini membuat perselisihan mereka sangat buruk, terutama setelah Seol terlibat dalam hubungan ketiganya. 

5. Jang Bo Ra - Park Min Ji


Bo Ra adalah sahabat dekat Seol. Berbeda dengan Seol, Bo Ra adalah cewek terkenal di kampus. Ia cantik, enerjik, dan disukai banyak cowok. Meskipun termasuk cewek populer di kampus, Bo Ra tidak sombong. Ia ceplas-ceplos dan sangat blak-blak'an, kadang karena kebiasannya itu ia terlihat galak dan judes. Walaupun begitu, ia sangat menyayangi Seol. Ia selalu membela Seol dan selalu menemai Seol di kampus. Mereka berdua ditambah dengan satu pesuruh, Kwon Eun Taek merupakan tiga serangkai yang tak terpisahkan. Meskipun peran Bo Ra tidak terlalu banyak seperti empat pemeran utama, tapi kemunculan nya selalu membawa keceriaan tersendiri dalam webtoon maupun dalam drama. Aku selalu menyukai persahabatan mereka bertiga. Seandainya bukan karena Bo Ra, aku rasa Seol hanya akan terus menutup diri dan tidak mau merubah diri. Dan sebagai tambahan informasi, ada sedikit perbedaan antara webtoon dan drama mengenai kelurga Bo Ra. Bila dalam webtoon hubungan Bo Ra dan ayahnya dekat dikarenakan sejak kecil ibu Bo Ra dikisahkan meninggalkannya dan pergi bersama orang lain, dalam drama ibu Bo Ra dikisahkan sudah meninggal. Itu sebabnya Bo Ra sangat dekat dengan ayahnya dan langsung kolaps ketika tahu ayahnya tak sadarkan diri. Perbedaan ini sedikit membuatku terganggu pada awalnya tapi karena peran Bo Ra yang agak minor akhirnya itu tidak lagi menjadi masalah sejalannya cerita. 

6. Kwon Eun Taek - Nam Joo Hyuk


Aku sukaaaaaa sekali dengan karakter Eun Taek. Selain ekspresi Seol yang konyol dalam webtoon, satu-satunya yang paling sering membuatku tertawa adalah Eun Taek. Eun Taek adalah pesuruh setia Bo Ra. Ia selalu mengikuti Bo Ra kemana-mana dan selalu rela menerima perintah-perintah dari Bo Ra. Benar-benar pesuruh yang setia. LOL. Selain konyol dan lucu, Eun Taek sangat menyayangi Bo Ra maupun Seol. Ia selalu melindungi kedua sahabatnya. Tahu bahwa teman-teman di kampusnya aneh dan suka cari perkara ―terutama Oh Young Gon, Eun Taek selalu pasang badan untuk melindungi kedua wanitanya. Meskipun Eun Taek cenderung memperhatikan Bo Ra dibanding cewek-cewek lainnya namun Eun Taek sangat protektif pada kedua sahabat wanitanya. Dalam drama Nam Joo Hyuk benar-benar memerankan Eun Taek sesuai dengan webtoon. Dia imut, lucu, polos dan sangat setia pada Bo Ra. Bisa dibilang trio inilah yang membuat drama Cheese In The Trap benar-benar lucu dan selalu terasa segar setiap episodenya.


Sudah lama sekali kayanya aku ga mengikuti drama sampai setiap minggu nya jadi galau karena menunggu-nunggu episode selanjutnya tayang di internet. Biasanya aku selalu nonton drama yang sudah lengkap seluruh episode-nya. Dengan begitu akan lebih mudah menekan rasa penasaran pada saat nonton. Tapi karena aku terlanjur suka setengah mati sama webtoon-nya dan lebih suka lagi setelah melihat dramanya nya sejak di episode satu, akhirnya mau tidak mau aku harus pasrah dengan keadaan seperti ini. Menunggu kelanjutan ceritanya seminggu penuh setiap episode. Memang sangat menyiksa harus menunggu selama satu minggu penuh untuk tahu kelanjutan ceritanya, tapi untuk drama sebagus Cheese In The Trap, itu bener-bener layak!

Drama ini sudah tayang di Korea sampai episode 10 sampai pada hari ini. Aku sudah nonton ke sepuluh episode yang sudah dirilis! Hahaha! Bisa dikatakan bahwa drama ini bikin aku ketagihan banget. Nget. Nget. Rasanya ga cukup 2 episode yang tayang setiap seminggu sekali. Selain itu chemistry antara Park Hae Jin dan Kim Go En sebagai JungSol couple benar-benar luar biasa. We craving for their scene every week. Happy and sad, everything matter! Masih ada 6 epsiode lagi sampai drama ini berakhir. Monday, come quickly please! >.<


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...