Jumat, 31 Juli 2015

Oh My GHOST - Korean Drama


Jadi, karena aku sedang nganggur di kantor dan kebetulan on the mood untuk nulis di blog, akirnya aku memutuskan untuk mengulas topik yang sangat ga penting buat sebagian besar orang yang pernah singgah di blog-ku: Drama Korea

Memang nulis itu butuh komitmen. Aku akui aku kurang berkotmitmen. Gampang sekali punya keinginan tapi gampang juga untuk mengakhiri keinginan itu (alias, mendadak males). Aku juga sudah berpikir untuk ga akan lagi menulis tentang drama Korea karena semua temanku kebanyakan bilang itu ga penting. Buatku juga sih. Kadang aku cukup malu setelah me-review ulang isi blog-ku dan kebanyakan isi-nya tulisan-tulisan ga penting mengenai drama Korea. Cuma ya yang namanya mood kan ga bisa ditebak. Kemaren abis dikritik aku langsung ga mood sama Korea. Tapi hari ini mendadak mood

Jadilah sekarang aku membongkar Google dan search banyak gambar mengenai drama yang lagi aku tonton sekarang: Oh My Ghost!


Drama: Oh My Ghost/Oh My Ghostess
Revised romanization: Oh Naui Gwishinnim
Director: Yoon Je-Won
Writer: Yang Hee-Seung
Network: tvN
Episodes: 16
Release Date: July 3, 2015 -- Agustus 22, 2015
Runtime: Fri & Sat 20:30 KST
Language: Korean
Country: South Korea


Sebenernya temen-temen kuliah-ku yang ngasi tau drama ini ke aku dengan nge-tag posternya di Path. Aku sudah lama kehilanan minat dengan drama Korea sejak nontton drama-nya Yoochun yang terakhir, Sensory Couple. Drama itu sangat tidak memuaskan buatku yang notabene penggemar berat Yoochun. Denger-denger itu drama terakhir Yoochun sebelum dia wamil (Wajib Militer), jadi aku ber-ekpektasi tinggi sekali dengan cerita dan tokoh yang dia perankan di drama itu. Pikirku, dia pasti memilih project yang luar biasa sebelum masuk wamil. Tapi aku luar biasa kecewa ketika nonton episode pertengahan sampe tamat drama Sensory Couple. Bahkan kalau boleh jujur, butuh usaha keras dan niat yang besar untuk bertahan nonton sampe tamat. Aku nonton hanya karena itu Yoochun yang main. Bukan karena aku suka dramanya.


Pemilihan lawan main Yoochun di Sensory Couple bener-bener ga cocok dan bikin drama ini keliatan makin jelek buatku. Dari dulu aku ga pernah suka Shin She Kyung. Aku ga suka akting-nya, aku ga suka cara dia ngomong di film-nya atau drama-nya, aku ga suka mimik wajah-nya, dan di atas segalanya aku benci cara dia mencoba menarik simpati penonton dengan mengambil peran yang sok baik dan polos. She only look stupid and annoying for me. I hate her. That's all I know! Aku pikir dengan berakting sama Yoochun, aku bisa mengurangi sedikit ketidaksukaanku sama dia. Awalnya iya, aku merasa tokoh yang dia perankan ceria dan ga suka menarik simpati tokoh utamanya. Tapi lama-kelamaan, dia kembali jadi Shin She Kyung yang luar bisa kubenci. Sumpah deh, semua nya hancur di paruh terakhir drama. Akting-nya, mimik wajah-nya, pengembangan karakter-nya, bahkan Yoochun jadi keliatan bego akting bareng dia. Well, that's only my opinion. Semoga berikutnya Yoochun lebih cerdas milih-milih drama. 


Back to Oh My Ghost, aku langsung suka sama drama ini waktu nonton episode pertamanya. Ceritanya menarik (yang selalu berhasil memikat ketertarikanku sama drama Korea) kolaborasi antara yang ga masuk akal dan lucu. Yup, cerita Oh My Ghost sangatlah ga masuk akal. Keliatan juga dari judulnya, Ghost (hantu). Ga seperti Master's Sun yang hantu-nya digambarkan serem-serem dan banyakkk banget, dalam Oh My Ghost hantunya justru jadi Main Lead. Kisah hidup si hantu itulah yang diceritakan dalam drama ini. Buatku itu superrrrr menarik!


Soon Ae, hantu perawan yang mati penasaran dan ga bisa ke surga karena dia merasa kurang layak meninggalkan dunia ini di saat masih perawan adalah tokoh utama dari drama ini. (Konyol dan bego ga sih pemikirannya? hahahaha.) Buat dia yang hidup di jaman globalisme seperti sekarang, sepertinya hal itu sangat memalukan. Semacam aib yang harus ia tanggalkan sebelum ia masuk ke surga. (Dari sini aja aku uda merasa, ceritanya kok bisa sih se-goblok ini hahahahha.) Untuk bisa segera masuk surga tanpa menjadi Roh Jahat yang bergentayangan, dia harus segera mewujudkan keinginannya yaitu, berhubungan intim dengan pria. Karena dia uda mati dan berupa hantu penasaran, satu-satunya cara adalah dengan merasuki manusia perempuan yang lemah dan membuat perempuan itu melakukan hubungan intim dengan lawan jenis saat dia masih di tubuh perempuan itu. Intinya dia pinjem badan untuk having sex

I am a ghost. A virgin ghost at that. The ghost with the most bitter grudge out of all ghosts. Imagine how painful it must’ve been to die as a virgin to decline the heavens’ invitation and roam around this ‘other world’. I’m known as the ill-natured libertine queen of the ghost world. But I wish to be understood. I’m a pitiful love song, a soul full of regrets. And I’m so very bored.

Masalahnya, kebanyakan cowok ga bisa berhubungan intim dengan cewek yang dirasuk hantu. Mereka bisa langsung pingsan dan masuk rumah sakit.(Goblok banget kan khayalannya bisa bikin cerita sampe kaya begini? wakakakakakakaka). Sudah banyak korban pria yang masuk rumah sakit karena berciuman sama Soon Ae. Saking banyak-nya korban, kejadian itu menarik seorang cenayang yang bisa melihat hantu dan menangkap hantu. 


Cenanyang itu berhasil menangkap Soon Ae dan bermaksud untuk mengurung Soon Ae di bawah pengawasannya biar ga berulah lagi dengan bikin banyak pria malang masuk rumah sakit. Tapi saking kebeletnya Soon Ae untuk melepas keperawanan dia berhasil kabur dari si cenayang dan masuk ke tubuh Bong Sun dan terjebak dalam tubuh Bong Sun tanpa bisa keluar. 


Dari situlah akhirnya cerita menjadi seru dan lucu karena Soon Ae dan Bong Sun adalah dua orang yang ber-karakter luar biasa berbeda seperti bumi dan langit. Kehidupan Bong Sun serta merta jadi seperti kehidupoan orang lain, karena memang Soon Ae yang hidup dengan meminjam tubuh Bong Sun.



“This place is like a men’s bath house. It might not be so bad after all”. 

Bong Sun yang bekerja di restoran milik Chef terkenal, dan bekerja dengan rekan yang kebanyakan pria, terurama Chef-nya itu ganteng sekali, serasa membuka jalan buat Soon Ae untuk mewujudkan impiannya. (Adegan ini sumpah bikin aku nguakak)

Entah kenapa aku dari dulu suka sama cerita yang model-nya begini. Mengandung unsur-unsur magic, unsur-unsur mistis, ga masuk akal, penyakit aneh, dan kelebihan-kelebihan tertentu yang ga dimiliki banyak orang, semua itu kalo diramu dengan kreatif selalu bisa jadi cerita yang luar biasa bagus dan lucu. Contohnya Secret Garden, Pinnochio, Kill Me Heal Me, dll. Aku langsung ga bisa berhenti nonton. Walaupun drama ini masi on going bahkan masi masuk ke episode 8, aku langsung memutuskan akan mengikuti drama ini sampai tamat. Terlalu banyak pertanyaan di kepalaku tentang alur drama ini yang harus aku temukan jawabannya. 

Pemeran dalam drama ini juga menakjubkan. Ganteng-ganteng dan cantik-cantik hehehehehe. Pemeran Soon Ae emang kurang cantik sih, walaupun drama ini menceritakan tentang dia, tapi Soon Ae dikisahkan lebih banyak hidup sebagai Bong Sun. Selama jadi Bong Sun dia mencoba mewujudkan impiannya dan menemukan misteri masa lalu-nya. Pemeran Bong Sun adalah si imut yang cantik, Park Bo Young. Chef terkenal, bos tempat dia kerja, diperankan oleh Jo Jung Suk. Second Lead yang ikut di dalam cerita, ipar dari Chef ganteng, seorang polisi misterius yang kadang keliatan baik tapi kadang keliatan kaya psycho kejam, diperankan oleh Im Joo Hwan.

Kim Seul Gi as Soon Ae


Sejak awal aku suka sekali sama karakter Soon Ae. Dia emang ga cantik. Tapi dia ceria, baik hati dan lucu setengah mati. Cara ngomongnya nyablak dan kaya anak kecil. Dia juga cuek dan ceplas-ceplos. Kayanya dia orang yang ga takut dianggap jelek sama orang lain, sangat apa adanya dan cerdik. Dari awal aku merasa aneh karena karakter yang menyenangkan kenapa diperankan oleh Kim Seul Gi dan bukan Park Bo Young yang adalah pemeran utamanya? Ternyata setelah cerita berjalan baru aku ngerti kenapa Park Bo Young diberi peran Bong Sun. Karena toh Soon Ae yang lebih banyak menyita tubuh Bong Sun dan meminjam tubuhnya untuk mencari tau misteri kematiannya juga menjalani kehidupan Bong Sun. Kehidupan masa lalu Soon Ae saat dia hidup itu sangat buat aku bersemangat nonton drama ini. Aku penasaran luar biasa dengan penyebab kematiannya. Apa sih yang buat dia meninggal? Kenapa baru 3 tahun kemudian dia bisa mengingat keluarganya ketika masih hidup dan sedikit kisah masa lalunya? Walaupun begitu kenapa dia harus melupakan kejadian penting dalam hidupnya yaitu alasan dia meninggal? Adegan Soon Ae ketemu ayahnya, juga ketika dia berusaha tetap berhubungan dengan ayahnya, adalah adegan favortiku waktu nonton drama ini. Selalu berhasil bikin aku nangis kaya orang bego di depan layar. How I Love Soon Ae so much!

Park Bo Young as Na Bong Sun


Kebalikan dari Soon Ae, peran Bong Sun sangatlah membosankan. Kadang aku sebel banget liat dia begitu lemah, penakut, kaku, ga bisa ngeliat mata orang lain saat diajak ngomong, dikit-dikit minta maaf, dikit-dikit ngalah, beneran memuakkan. Aku ga suka tipikal cewek yang lemah dan sangat penakut kaya gini. Park Bo Young berhasil membuat perbedaan yang kentara antara dia menjadi Bong Sun dan saat Soon Ae merasuki tubuhnya di drama ini lewat aktingnya yang briliant. Waktu jadi Bong Sun dia jadi orang yang sangat tertutup. Cara matanya menghindari mata orang lain, cara dia membungkuk, dan gugup saat bersama orang lain sangat menyakinkan sampe emosi sendiri aku liatnya. Kok bisa ya dia selemah itu? Juga ketakutannya dengan hantu-hantu yang bisa dia lihat juga sangat nyata. Aku suka banget sama akting park Bo Young. Dia ga cuma imut dan cantik, dia juga jago akting. Ketika jadi Soon Ae dia bisa dengan baik sekali menirukan image yang dibangun Kim Sel Gi sebagai Soon Ae. Soon Ae yang cablak, ga tau malu, ceplas-ceplos, genit tapi ga keliatan murahan (malah lucu) bisa tergambar lewat wajah dan gerak-gerik Park Bo Young. Aku malah menyukai Bong Sun yang dirasuk Soon Ae. Dia jadi lebih pemberani dan kuat. Keliatan tough. Ga kaya karakter asli Bong Sun yang ampun-ampun penakutnya. Kehidupan Bong Sun sendiri kurang diceritakan secara mendetail. Dimana orangtua-nya? Apakah dia bisa melihat hantu hanya karena nenek-nya seorang Shaman? Kalau kelebihannya melihat hantu sudah dimiliki sejak kecil, kenapa dia selalu keliatan takut dan gugup di depan orang lain? Apa bener dia punya trauma masa lalu sehingga jadi orang yang mudah depresi kaya gitu? Semuanya masih misteri tapi ga membuat aku penasaran seperti kisah hidup Soon Ae. But, great job Park Bo Young!

Jo Jong Suk as Chef Kang Sun Woo


Chef yang arogan-nya minta ampun ini juga faktor penting dalam buat aku jatuh cinta sama drama ini. Buatku, dia memang super arogan dan diktator. Tapi karakter menyebalkannya itu ga mengganggu. Dia bukan orang yang marah dan kejam tanpa alasan. Itulah yang buat aku merasa cerita ini bagus secara keseluruhan. Ga cuma di aspek tertentu seperti karakter tokoh ceweknya aja, atau unsur misteriusnya aja, atau pemerannya yang enak diliat aja, tapi beneran semua nya diramu secara epic. Ga menyebalkan secara berlebihan tapi juga ga mengkhayal yang berlebihan. Walaupun unsur-unsur ga masuk akal-nya terkadang buat aku SWT juga sih. (Contoh, setan bisa tidur). Jong Suk memerankan Sun Woo dengan baik. Dia arogan tapi di saat yang bersamaan bisa perhatian, cute dan menyenangkan juga. Satu hal yang paling aku suka dari Sun Woo adalah dia menghargai karyawannya seperti dia menghargai dirinya sendiri. Dia memang keras dengan pekerjaan, tapi itu juga karena dia pernah keras terhadap dirinya sendiri supaya bisa jadi Chef yang hebat. Dia orang yang ga setengah-setengah. Walaupun masa lalunya cukup menyedihkan (korban bully di sekolah, I really hates something like this), dia punya chemistry yang bagus baik sama Park Bo Young yang banyak berakting sama dia di hampir setiap episode juga dengan Soon Ae versi Kim Seul Gi. Aku juga pro banget dia jadi dengan Soon Ae (ops, Bong Sun) dibanding dengan cinta pertamanya. Semoga saat mereka jatuh cinta, Bong Sun sudah lebih ceria dan ga semurung sekarang. Perhatian Jong Suk ke Bong Sun yang terasa lain dari yang lain kayanya karena dia melihat dirinya di masa lalu dalam diri Bong Sun. Orang yang lemah dan selalu dimanfaatkan dan dianiaya sama orang lain. 


“Salah satu kebaikan Sun Woo, dia biarin anjing itu ngikutin sampe dia pelihara akirnya :D”. 

Im Joo Hwan as Seo Joon


Seo Joon adalah polisi yang bekerja di daerah tempat tinggal Bong Sun. Dia ganteng dan sangaaattt baik hati (keliatannya). Dia juga adalah ipar dari Sun Woo. Sun Woo punya ibu yang masih sangat muda (karena dia lahir saat ibunya masih 19 tahun) dan punya seorang adik cantik yang kakinya lumpuh. Adikinya Sun Woo adalah istri dari Seo Joon. Sejak awal aku liat Seo Joon memperlakukan istrinya yang lumpuh, aku tau dia sama sekali ga cinta. Emang dia perhatian, baik, dan selalu ngemong, tapi aku merasa itu bukan cinta. Semua jadi makin keliatan ketika Soon Ae mengingat masa lalunya yang bertepuk sebelah tangan dengan Seo Joon. Aku jadi ikutan bertanya-tanya, kalau dulu Soon Ae naksir sama Seo Joon dan keliatannya Seo Joon sadar banget sama perasaan Soon Ae buat dia, kok bisa ya dia menikah sama orang lain segera setelah Soon Ae meninggal? Ternyata emang ada sesuatu yang salah dari Seo Joon. Semakin lama keliatan kalau dia ga sebaik penampilannya. Justru aku curiga dia lah yang bunuh Soon Ae. Mengingat bagaimana dia memukuli anjing galak sampai anjingnya nangis, nabrak keranjang sampah pemulung tua, dan dengan sengaja ninggalin papa nya Soon Ae yang pingsan. Dia juga keliatan marah banget waktu tau papa nya Soon Ae selamat dari perbuatannya. Aku jadi curiga dia yang bikin istrinya lumpuh supaya bisa nikahin istrinya. Karena istrinya kan adik Sun Woo yang dulunya seorang penari ballet, kaya pula, sementara Seo Joon cuma polisi yang kayanya ga cukup kaya dibanding keluarga nya Sun Woo. Belum lagi ramalan cenayang itu tentang Seo Joon yang horoscope-nya sangat aneh. Dia berhati dingin dan seharusnya tidak menikah dan punya anak. Aku penasaran kenapa dia sebegitu bencinya sama Soon Ae dan keluarganya? Apa Soon Ae melihat sesuatu yang dia lakukan dan membunuh Soon Ae untuk membungkam mulutnya? Sayangnya sampai sekarang Soon Ae masih lupa kenapa dia meninggal dan masih jatuh cinta dengan Seo Joon. Hufftt, seandainya Soon Ae tau apa yang dilakukan Seo Joon ke papa-nya, bakal membuka ingatan masa lalu nya ga ya?

“Kiss Scene” 

Dengan begitu banyaknya misteri yang belum terpecahkan, drama ini jadi lebih bikin kecanduan. Dibanding hubungan Soon Ae dengan Sun Woo, maupun Bong Sun dengan Sun Woo, aku lebih suka kisah hidup Soon Ae di masa lalu dan pengen banget segera tau apa sih yang bikin dia meninggal? Kenapa aku yakin sekali dia dibunuh sama Seo Joon? Trus apa sih tujuan Seo Joon bunuh Soon Ae dan berniat bunuh papa nya Soon Ae juga? Aku suka banget adegan Soon Ae sama papa nya dan rasa sayang nya ke papa-nya. Soon Ae di masa lalu digambarkan jago masak, ceria, dicintai papa-nya, bahkan pelanggan-pelanggan restorannya keliatannya akrab sama Soon Ae. Beneran sedih liat keadaan papa Soon Ae setelah ditinggal Soon Ae. restoran sepi, pelanggan pergi semua, anak cowoknya useless, miskin, kesepian, sakit-sakitan karena sering minum, rasanya dia hancur lebur sejak ditinggal Soon Ae. 


“Bong Sun's  (Sooon Ae) attack! LOL”. 

Melihat begitu banyak yang sudah aku tulis tentang drama ini di sela-sela jam kantor, keliartan banget ga sih aku beneran suka sama drama ini? hahahahahaha. Well, semoga ending-nya ikut cerdas sama seperti jalan ceritanya. The most of all, please make Soon Ae's father live happily. He deserve that *feel*

2 komentar:

  1. Polisine itu mirip Yusak ga sih? Wkwkwkk..
    Btw aku dah mau masuk eps 5. Apik drama ini..

    BalasHapus
  2. mau tanya . lagu yang mengingatkan soon ae sama kematiannya itu judulnya apa ya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...